TikTok Lite dan TikTok, Apa Perbedaannya?

TikTok Lite dan TikTok, Apa Perbedaannya?

Novia Aisyah - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 20:19 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Foto: Getty Images/5./15 WEST
Jakarta -

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang perkembangannya sangat cepat. TikTok memungkinkan para penggunanya dapat membuat video berdurasi pendek 15 detik yang disertai dengan musik, filter dan beberapa fitur kreatif lainnya.

Sudah lebih dari 4 tahun sejak diluncurkan, tercatat TikTok banyak digunakan pengguna aktif diseluruh dunia sekitar 500 juta orang pada akhir tahun 2019.

Kemunculan aplikasi TikTok

Sekitar September tahun 2016, perusahaan asal China bernama ByteDance meluncurkan aplikasi video pendek bernama Douyin. Dalam setahun, Douyin memiliki 100 juta pengguna dan ada sekitar 1 miliar video yang tayang setiap harinya.

Berkonsep video dan musik, TikTok mengakusisi Musical.ly. Sebelum TikTok dikenal, Musical.ly menjadi salah satu platform populer berbagi video pendek yang memiliki potensi meraih pasar Internasional. Di tahun 2017, TikTok bergabung dengan musical.ly.

Perbedaan TikTok Lite dan TikTok

Sesuai dengan namanya, TikTok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil hanya belasan megabyte. Sedangkan aplikasi utama TikTok memiliki ukuran yang lebih besar yakni lebih dari 70 MB.

TikTok Lite diluncurkan pada 6 Agustus 2018 di Thailand. Dan kini sudah tersedia di banyak negara seperti Indonesia, Vietnam hingga India.

Benarkah TikTok Lite menghasilkan uang?

Jika dilihat dari cara kerjanya, TikTok Lite mirip seperti dengan apa yang dilakukan oleh Snack Video. Membagikan hadiah uang dilakukan untuk menjaring pengguna baru.

Namun keduanya tidak mengumpulkan uang dari penggunanya seperti TikTok Cash yang dinyatakan ilegal karena mewajibkan penggunanya membayar biaya keanggotaan untuk melipatkan keuntungan.

Adapun keuntungan menggunakan TikTok Lite selain lebih ringan, kamu juga bisa hemat kuota.



Simak Video "WhatsApp Akan Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)