Ternyata Seperti Ini Sifat Asli Jack Ma di Mata Orang Dekat - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Ternyata Seperti Ini Sifat Asli Jack Ma di Mata Orang Dekat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 22:05 WIB
Menghilang Tiga Bulan Lebih, Pendiri Alibaba Jack Ma Tampil Dalam Konferensi Video
Jack Ma. Foto: DW (News)

Apa kelemahan utama seorang Jack Ma?

Anehnya adalah kemurahan hatinya. Betapa banyak yang dia berikan, dulu misalnya ke investor Goldman dan kemudian Softbank. Dia cukup murah hati memberikan banyak hal. Mungkin ada yang disesali Jack Ma soal itu. Misalnya karena sudah berbagi banyak saham, dia frustrasi karena tidak bisa memberikannya lagi ke orang kunci di perusahaan.

Dia sebenarnya juga tidak terlalu ingin jadi wajah perusahaan. Dia turun dari posisi CEO, tapi tak seorang pun bicara soal Daniel Zhang, CEO baru. Seperti halnya Steve Jobs identik dengan Apple, Jack Ma adalah Alibaba.

Kenapa Anda menulis buku tentang dia?

Bukuku adalah satu dari ratusan buku soal dia. Ada bagian di toko buku China soal pemimpin bisnis, buku soal Jack Ma adalah yang terbanyak dalam bahasa China. Tapi hanya sedikit yang berbahasa Inggris sehingga kuanggap itu adalah kesempatan. Dia sendiri sebenarnya juga ingin menulis buku berjudul A Thousand and One Mistakes.

Dia tak suka kebanyakan buku-buku berbahasa China itu, jika Anda membacanya kesannya terlalu memuji dia. Aku sendiri tidak menulis buku itu untuk dia. Kupikir dia juga kurang senang jika aku terlalu dalam masuk ke urusan keluarganya. Aku memutuskan tidak menceritakannya secara detail. Dia memang selalu mencoba menjaga privasinya.



Simak Video "Aktivitas Jack Ma di Eropa Usai Lolos dari Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT