Urgensi Digitalisasi Keamanan di Era Pandemi

Urgensi Digitalisasi Keamanan di Era Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 10:45 WIB
aplikasi eguards
Foto: screenshot
Jakarta -

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut efektivitas dalam segala bidang, termasuk dalam sistem pengamanan. Tuntutan akan efektivitas semakin meningkat di era pandemi.

Menjawab kebutuhan ini, startup eGuards Indonesia mengembangkan Sistem Manajemen untuk industri keamanan (penyedia maupun pengguna jasa keamanan) yang mencatat pelaporan proses/sistem keamanaan secara digitalisasi Security Technology (SecTech).

Sebelumnya, semua sistem manajemen data di lapangan dilakukan dengan sistem manual. Hal ini menyulitkan petugas karena harus selalu menulis, melaporkan, menyimpan hingga mengarsipkan data atau dokumen dalam jumlah besar. Belum lagi waktu yang diperlukan tentu tidak sebentar untuk menelusuri dan melakukan rekapitulasi dengan luas wilayah Indonesia.

Untuk itu, eGuards Indonesia melalui Aplikasi Sistem Manajemen Keamanan berupaya memenuhi kebutuhan operasional keamanan di lapangan agar lebih efektif dan efisien dengan berbagai fitur yang disediakan.

"Industri keamanan atau pengamanan adalah Industri tertua ke dua yang terus ada dari zaman dahulu sampai sekarang, bahkan terus sampai ke depannya. Dengan adanya pandemi sekarang ini, dan juga tantangan serta transparansi, real-time monitoring dan report, kami yakin kehadiran eGuards dapat menjadi solusi dan meningkatkan efisiensi serta optimalisasi kinerja industri pengamanan di Indonesia," kata founder dan CEO eGuards Indonesia, Fauzi Ishak lewat keterangan tertulis.

Ditambahkannya, penerapan normal baru pada semua lini kehidupan di dunia saat ini dan Indonesia khususnya, sudah menjadi keharusan, apalagi untuk beradaptasi dengan keadaan dan situasi yang tidak menentu.

Aplikasi ini sudah dikaji dan dikembangkan demi menjawab segala permasalahan di operasional keamanan. Selain efektif dan efisien baik segi waktu dan biaya, nilai tambah lain dari aplikasi ini adalah sistem pelaporan monitoring secara realtime, cepat, dan akurat.

Tentu hal ini sangat dibutuhkan dalam sistem keamanan agar segala informasi lebih mudah disampaikan. Sistem Manajemen Keamanan menerapkan sistem paperless dan sangat kompatibel digunakan selama pandemi, di mana kita selalu dianjurkan untuk menjaga jarak dan mengurangi kontak langsung satu sama lain.

Berikut ini fitur utama aplikasi eGuards untuk pengamanan yang efisien:

1. Fitur kehadiran

Membantu petugas dilapangan untuk melakukan laporan kehadiran sebelum memulai aktivitas di lapangan menggunakan foto diri, termasuk saat selesai bertugas

2. Fitur laporan kejadian

Segala bentuk kejadian dapat tersimpan dan tersusun dengan rapi, sebagai bentuk bukti laporan akan kesadaran (awareness) terhadap tugas dan tanggung jawab keamanan

3. Fitur kecurigaan

Petugas diharapkan dapat melakukan tindakan intelijen terhadap lokasi mereka bertugas. Fitur ini membantu mendokumentasikan informasi sebagai bentuk interitas

4. Fitur buku tamu digital

Mempermudah pencatatan atas kunjungan dan undangan yang datang ke instansi/perusahaan sehingga dapat diberikan kesimpulan atas laporan kunjungan tersebut.

Pengguna juga bisa mendapatkan fitur tambahan guna melakukan optimalisasi pelayanan pada jasa pengamanan di lapangan seperti
• fitur digitalisasi patroli
• monitoring barang (inbound/outbound checkers)
• monitoring CCTV
• visitor counter
• client/employee break.

eGuards juga menyediakan aplikasi untuk koordinator/supervisi di lapangan yang terpisah dengan aplikasi anggota, sehingga semua data yang dikirimkan tidak perlu membuat kesimpulan laporan berulang.

Salah satu startup terbaik di ajang Malaysian Global Innovation & Creativity Center (MaGIC) dalam Global Accelerator Programmed Southeast Asian ini mengaku siap mendukung pengamanan di seluruh Asia Tenggara terutama di Indonesia, lewat fitur-fitur yang ada di eGuards Indonesia.



Simak Video "Rudi Soedjarwo Dobrak Kebiasaan Industri Film Lewat 'Maudikenal"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)