Netizen Indonesia Sambut Hari Kartini 2021 di Twitter

Netizen Indonesia Sambut Hari Kartini 2021 di Twitter

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 21 Apr 2021 11:43 WIB
Program CSR Lion Air di Hari Kartini.
Pramugari Lion Air menyambut Hari Kartini (dok Lion Air Group)
Jakarta -

Selamat Hari Kartini disampaikan para netizen Indonesia di media sosial menyambut 21 April. Karyanya Habis Gelap Terbitlah Terang dikenang masyarakat hari ini.

Netizen Indonesia tentu juga tidak lupa dengan tanggal 21 April sebagai momen peringatan Hari Kartini. Momen ini ikut menyemarakkan Twitter seperti dipantau sepanjang pagi ini, Rabu (21/4/2021).

Selamat Hari Kartini ada di puncak trending topic Twitter Indonesia dengan 35 ribu tweet. Selain itu, ada juga Habis Gelap Terbitlah Terang dengan 5.422 tweet yang terkait dengan Hari Kartini.

Mulai dari Presiden Joko Widodo, sampai masyarakat biasa, semua mengucapkan Selamat Hari Kartini. Banyak kutipan, poster dan pesan-pesan semangat disampaikan netizen Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa tweet menyambut Hari Kartini di Twitter:

Hari lahir Kartini pada 21 April 1879 diperingati sebagai Hari Kartini, yang tertuang dalam instruksi Keputusan Presiden Republik Indonesia No 108 Tahun 1964, pada tanggal 2 Mei 1964. Presiden Sukarno juga menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Jasa Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah korespondensinya dengan Belanda menyuarakan kondisi perempuan Indonesia. Tulisan-tulisan Kartini disusun Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, JH Abendanon menjadi buku Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang) yang kemudian viral.

Tak ada yang menyangka seorang perempuan Indonesia bisa punya buah pikiran seperti itu. Kemudian pada 1922, Balai Pustaka menerbitkan versi terjemahan buku Habis Gelap Terbitlah Terang: Buat Pikiran dengan bahasa Melayu. Buku ini jadi inspirasi WR Soepratman untuk membuat lagu berjudul 'Ibu Kita Kartini'.



Simak Video "Anak-anak Belajar Mengenali Sosok Kartini Lewat Rangkaian Puzzle "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)