Fitur Baru Android Bantu Pengguna Hati-hati Pakai HP Sambil Jalan

Fitur Baru Android Bantu Pengguna Hati-hati Pakai HP Sambil Jalan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 13 Apr 2021 15:10 WIB
Pedestrian tanpa ponsel di Jepang
Fitur Baru Android Bantu Pengguna Hati-Hati Saat Pakai HP Sambil Jalan Foto: (AFP)
Jakarta -

Pengguna ponsel Android akan kedatangan fitur baru yang akan memperingatkan mereka untuk tidak terus-terusan melihat layar ponsel sambil jalan. Fitur bernama 'Heads Up' ini akan menjadi bagian dari layanan Digital Wellbeing.

Fitur ini telah tersedia dalam aplikasi Digital Wellbeing versi beta, dan seorang pengguna Pixel 4A bernama Jay Prakash Kamat mengatakan ia sudah menerima fitur ini di perangkatnya.

"Jika kalian berjalan kaki sambil menggunakan ponsel, dapatkan pengingat untuk fokus pada lingkungan sekitar kalian," tulis halaman setup Heads Up, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/4/2021).

"Pakai dengan hati-hati. Heads Up tidak menggantikan memperhatikan jalan," sambungnya.

Setelah fitur ini diaktifkan, pengguna akan menerima notifikasi untuk mengingatkan mereka untuk tidak menggunakan ponsel sambil jalan. Pengingat ini berisi instruksi singkat seperti 'Perhatikan langkahmu', 'Tetap waspada', dan 'Lihat ke depan' yang ditemani emoji.

Fitur ini juga bisa dimatikan oleh pengguna dengan mengklik toggle Heads Up di pengaturan aplikasi Digital Wellbeing. Halaman pengaturan ini juga menampilkan izin akses yang dibutuhkan fitur tersebut yaitu Physical Activity dan Location (opsional).

Meski terbilang sederhana, fitur Android ini dibutuhkan karena semakin banyak pengguna ponsel yang celaka karena berjalan kaki sambil melihat ponsel dan tidak memperhatikan jalan di sekitarnya.

Digital Wellbeing sendiri merupakan layanan yang sudah terpasang di ponsel Android tertentu. Layanan ini memiliki banyak fungsi termasuk membatasi waktu penggunaan aplikasi, mengaktifkan 'Bedtime mode' agar ponsel tidak begitu mengganggu di malam hari, dan lain-lain.

Fitur Heads Up ini sepertinya akan digulirkan untuk ponsel Pixel terlebih dahulu. Belum diketahui kapan ponsel Android lainnya bisa mencicipi fitur ini.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)