Aneka Tren Belanja Ramadhan 2021 Menurut Facebook

Aneka Tren Belanja Ramadhan 2021 Menurut Facebook

Rifky Aritama - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 18:17 WIB
Ilustrasi belanja online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Esok hari kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Kebiasaan belanja di bulan puasa punya keunikan tersendiri.

Tren belanja di bulan Ramadhan ini diungkap Facebook dalam riset bersama YouGov dengan survei kepada 17.758 orang dewasa. Survei ini bertujuan untuk untuk mengamati perilaku orang-orang yang berbelanja di bulan Ramadhan yang dilakukan 23 Mei dan 13 Juni 2020 silam, seperti dilihat detikINET, Senin (12/4/2021).

Wawancara ini dilakukan di 11 negara yaitu 8 negara mayoritas muslim seperti; Mesir, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Nigeria, Arab Saudi, Turki dan Uni Emirat Arab (UEA). Sisanya dilakukan di negara minoritas muslim yaitu Prancis, Jerman, dan Inggris.

Ini adalah survei dengan multiple respons. Peserta survei boleh menjawab lebih dari satu pilihan jawaban sehingga menghasilkan persentasi yang besar dari pilihan jawabannya. Karena memang responden pada kenyataannya punya banyak pilihan cara berbelanja yang dilakukan sekaligus.

Dari survei itu terungkap bahwa 73% responden mendapatkan inspirasi untuk berbelanja keperluan Ramadhan melalui platform digital. Lalu sebanyak 69% mendapatkan inspirasinya saat sedang menggunakan ponsel pintar. Sementara 56% responden baru terinspirasi untuk berbelanja keperluan Ramadhan saat sudah berada di toko.

Di antara data di atas, kebanyakan responden mendapatkan inspirasi untuk berbelanja melalui platform Facebook dengan presentasi 64%. Disusul di urutan kedua yaitu dari Instagram sebanyak 54%, lalu melalui e-Commerce sebanyak 52% dan sebanyak 43% mendapatkan inspirasi berbelanja dari WhatssApp.

Kapan mereka berbelanja? 25% responden rupanya berbelanja menjelang akhir Bulan Ramadhan. Lalu pada awal Ramadhan sebanyak 15%. Sedangkan saat sebelum Ramadhan ada 16% responden yang berbelanja di waktu tersebut.

Untuk jenis-jenis barang yang dibeli saat Ramadhan, sebanyak 91% responden berbelanja barang-barang konsumsi pribadi. Lalu sebanyak 74% membelanjakannya di e-commerce. Sebanyak 68% para responden juga mengeluarkan uangnya untuk berinvestasi.

Selanjutnya sebanyak 55% uang dibelanjakannya untuk kebutuhan hiburan. Di bawahnya sebanyak 28% dibelanjakan untuk membeli barang-barang elektronik. Terakhir sebanyak 20% dibelanjakan untuk membeli kendaraan, sedangkan hanya 19% responden menggunakan uangnya untuk traveling.

Bukan cuma itu, ternyata para responden sebelum belanja, juga mempertimbangkan hal-hal berikut, lho. Sebanyak 63% mereka sangat peduli dengan harga barang yang akan dibelinya. Sebanyak 55% mereka peduli dengan harga ongkos pengiriman juga lho. Ternyata, hanya 49% responden yang peduli dengan penawaran diskon.

Terakhir, Facebook melaporkan sebanyak 54% responden membeli makanan dan minuman secara langsung di tokonya. Hanya sebanyak 29% responden yang suka berbelanja makanan dan minuman secara online.

Untuk pakaian adalah kebalikannya. Hanya 19% responden berbelanja pakaian secara langsung di tokonya. Sedangkan sebanyak 40% responden lebih menyukai berbelanja pakaian secara online.

Nah, kalau Anda bagaimana detikers? Kapan belanja saat Ramadhan, dan paling suka beli apa? Sampaikan pengalaman Anda di kolom komentar.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)