Foto Bebas Hak Cipta Getty Images dari Facebook Bisa Dipakai

Foto Bebas Hak Cipta Getty Images dari Facebook Bisa Dipakai

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 18:24 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
UKM bisa meminta bantuan Facebook untuk mendapatkan foto no copyright dari Getty Images. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn
Jakarta -

Bingung bagaimana caranya mendapatkan foto katalog yang cantik tapi juga bebas hak cipta? Facebook kini menyediakan stok foto dari Getty Images untuk UKM. UKM bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma hanya dengan minta tolong Facebook. Wah, bagaimana caranya, tuh?

Ini adalah salah satu langkah yang diambil Facebook melihat tantangan yang dimiliki UKM selama masa pandemi, demikian dijelaskan oleh Pieter Lydian Country Director Facebook di Indonesia.

"Kendala kita di UKM ketika buat sesuatu konten buat bingung cari foto untuk buat konten bagus, nanti kena copyright. Nah, investment ini salah satu panduan UKM yaitu pustaka gambar, di Getty Images ada beragam pilihan visual bertemakan Ramadhan yang bisa digunakan," kata Pieter.

Ini adalah hasil kolaborasi antara Getty Images dan Facebook. Dengan begitu, pelaku UKM bisa memanfaatkan visual gratis untuk mendukung materi produk mereka sehingga menghasilkan konten bagus dan penjualan yang baik.

"Ini bisa dipakai di mana pun, bebas," ujarnya merujuk pada penggunaan materi yang memakai foto dari Getty Images yang disediakan Facebook.

Facebook mengatakan akan menjelaskan bagaimana detailnya pengajuan foto. Yang jelas, pelaku UKM hanya perlu mengirim email dengan penjelasan gambar yang dibutuhkan. Facebook akan melakukan akses pada Getty Images dan memberikan foto yang cantik. Foto akan dikirimkan melalui email.

Siapapun yang merasa memiliki usaha atau membutuhkan bantuan Facebook dalam membuat materi yang dapat mendukung usahanya, diperbolehkan Facebook untuk meminta foto ilustrasi gratis tersebut dari Getty Images.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)