Ini P2P Lending, Bisnis yang Dijalankan Startup CEO Restock Si Koboi Fortuner

Ini P2P Lending, Bisnis yang Dijalankan Startup CEO Restock Si Koboi Fortuner

Tim - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 18:49 WIB
Startup Restock untuk pembiayaan UMKM.CEO dan Founder Restock yaitu Muhammad Farid Andika, terkait kasus penodongan pistol pengemudi Fortuner koboi.
Foto: (detikcom)
Jakarta -

Restock adalah salah satu startup lokal yang menjalankan bisnis peer to peer (P2P) lending. Nama startup Restock mencuat usai CEO Restock Muhammad Farid Andika alias MFA melakukan aksi koboi dengan menodong senjata di jalanan.

Kejadian itu bermula ketika MFA yang mengendarai Toyota Fortuner terlibat insiden dengan menabrak sepeda motor yang dikemudi seorang wanita di jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (2/4) dini hari.

Setelah itu, Farid kemudian marah-marah dengan mengeluarkan senjata api, ketika ia dihadang sejumlah pengemudi ojol dan masyarakat di sekitar. Peristiwa tersebut viral di media sosial (medsos).

Setelah diamankan oleh pihak kepolisian, diketahui Farid adalah CEO Restock, startup yang bergerak di bidang P2P lending.

Apa Itu P2P Lending?

P2P lending adalah penyelenggara layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman yang dilakukan secara online. Khusus untuk Restock sendiri, startup tersebut memberikan pinjaman kepada pelaku UMKM.

Pada dasarnya P2P lending merupakan penyelenggara yang sudah berbadan hukum untuk menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan pinjam memimjam berbasis teknologi informasi.

Keberadaan P2P lending di Indonesia ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan data OJK per Februari 2021, penyelenggara P2P lending resmi ada 147, termasuk Restock.

Restock dalam visinya ingin berkiprah dalam teknologi finansial dengan menyediakan pembiayaan bagi UMKM. Restock membangun ekosistem antara pemberi pembiayaan, penerima pembiayaan dan para mitra yaitu para penyedia teknologi dan pusat pergudangan di seluruh Indonesia.

Produk mereka ada dua yaitu Pemberi Pembiayaan dan Penerima Pembiayaan. Untuk Pemberi Pembiayaan, Restock menawarkan akses ke UMKM, bunga yang menarik dan data unit usaha.

detikcom telah mencoba menghubungi pihak Restock lewat nomor telepon yang tertera di website restock.id untuk mengonfirmasi lebih jauh, namun belum ada tanggapan.



Simak Video "Survei Populix Top 3 Startup di RI: Gojek, Tokopedia dan Traveloka"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)