Basis Shooting Club Jadi Sorotan, Aneka Medsosnya Menghilang

Basis Shooting Club Jadi Sorotan, Aneka Medsosnya Menghilang

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 15:29 WIB
Penampakan blog Basis Shooting Club. Klub ini terseret kasus penyerangan Mabes Polri dan pengemudi Fortuner koboi. Para pelaku punya kartu Basis Shooting Club
Blog milik Basis Shooting Club (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta -

Nama Basis Shooting Club jadi sorotan usai kartu anggotanya muncul dalam penyerangan di Mabes Polri dan pengemudi Fortuner koboi. Mereka pun menghilang dari berbagai akun media sosial.

Pengurus Besar Persatuan Berburu dan Menembak Indonesia (PB Perbakin) secara resmi menegaskan Basis Shooting Club sudah dibubarkan karena banyak pelanggaran, misalnya memakai logo Perbakin. Basis Shooting Club menurut Dewan Pembina Perbakin Bambang Soesatyo adalah klub menembak airsoft gun.

Dalam penelusuran detikINET, Sabtu (3/4/2021) Basis Shooting Club sangat aktif di media sosial. Ada beberapa blog Basis Shooting Club dengan tampilan meyakinkan memakai logo Perbakin.

Info kontaknya menampilkan aneka akun medsos Basis Shooting Club atau Basis Tactical Store mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest. Namun kini saat ditelusuri satu persatu, akun-akun ini sudah ditutup yaitu:

  1. basisshootingclubs.blogspot.com (dihapus)
  2. Facebook basisshootingclub (dihapus)
  3. Facebook BasisShootingClubPerbakin (dihapus)
  4. Facebook basistacticalstore (dihapus)
  5. Instagram basisshootingclub (dihapus, sempat punya 2.087 follower dan 109 postingan)
  6. Instagram basistacticalstore (private dengan 87 postingan dan 225 follower)
  7. Twitter basisshooting (dihapus)
  8. Twitter basistactical (dihapus)
  9. Tokopedia basistactical (dihapus)

Ada dua blog Basis Shooting Club yang terpantau masih aktif. Dalam blog itu ada syarat menjadi anggota Basis Shooting Club seperti menyerahkan fotokopi KTP, foto 4x6, SKCK, ikut latihan menembak dll. Untuk alamat dicantumkan Jl Bunga Raya, Srengseh Sawah, Jakarta Selatan.

"Basis Shooting Club, sebuah club yang mewadahi para penggemar olah raga menembak yang di bawah naungan PB Perbakin Pusat dan resmi terdaftar. KTA yang dikeluarkan adalah bukti bahwa Anda bernaung dalam club olah raga menembak dan unit yang terdaftar," begitu deskripsi mereka di dalam blog https://kta-club-perbakin.blogspot.com.

Blog yang satu lagi adalah basis-sc.blogspot.com. Isinya meriah dengan logo Perbakin dan aneka postingan cara menjadi anggota Perbakin dan cara permohonan KTA Perbakin dengan biaya Rp 600.000. Ada juga foto-foto kegiatan Basis Shooting Club.

Kedua blog ini mencantumkan nomor kontak yang sama. Ketika dicek dengan aplikasi Truecaller, tercatat dengan nama Jaspem KTA Perbakin. detikINET menghubungi nomor ini, namun tidak ada tanggapan.



Simak Video "Polisi Datangi Rumah Penyerang Mabes Polri di Ciracas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)