Sudah Divaksin, Ribuan Driver Gojek Makin Tenang Layani Masyarakat

Sudah Divaksin, Ribuan Driver Gojek Makin Tenang Layani Masyarakat

Angga Laraspati - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 18:29 WIB
Vaksinasi driver Gojek
Foto: Istimewa
Jakarta -

Layanan on-demand terdepan di Asia Tenggara, Gojek, turut mendukung upaya pemerintah dalam percepatan program vaksinasi COVID-19. Sampai saat ini, ribuan mitra driver Gojek dari berbagai kota telah mendapatkan vaksinasi.

Menjadi urat nadi dalam logistik nasional dan mobilisasi masyarakat, mitra driver Gojek mendapatkan vaksinasi agar mereka dapat bekerja dengan lebih aman dalam menjalankan kegiatan dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Vice President Corporate Affairs Gojek Michael Say mengatakan dampak pandemi telah dirasakan selama lebih dari setahun. Selama itu pula pekerja sektor transportasi termasuk mitra driver Gojek terus menjadi garda terdepan untuk membantu dan menghadirkan berbagai layanan masyarakat Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi kebijakan dan upaya Pemerintah dalam memprioritaskan pekerja pelayanan publik termasuk mitra Gojek di berbagai daerah sebagai penerima vaksin dari sektor transportasi umum. Apalagi program vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk menyehatkan bangsa di masa pandemi agar roda perekonomian dapat bergerak kembali" kata Michael dalam keterangan tertulis.

Vaksinasi driver GojekVaksinasi driver Gojek Foto: Istimewa

Sebagai wujud komitmen dan dukungan terhadap percepatan program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah, Gojek dan Halodoc telah menjalankan program vaksinasi secara bertahap sejak 3 Maret 2021 dengan menyasar mitra driver lansia, sesuai dengan tahapan vaksinasi dari pemerintah yang saat ini ditujukan bagi lansia. Mitra driver yang divaksinasi tersebar di Jakarta, Bogor, Palembang, Surabaya.

Selain di kota-kota tersebut, ratusan mitra driver Gojek non lansia di Balikpapan, Gowa, Solo dan Batam mendapatkan kesempatan menjadi yang pertama kali menerima vaksinasi dari pemerintah daerah setempat. Keputusan menggandeng Gojek sebagai mitra strategis adalah karena pemerintah daerah setempat menilai Gojek konsisten membantu penanganan pandemi COVID-19, termasuk dengan menerapkan berbagai inisiatif untuk mendukung layanan kebutuhan masyarakat selama masa pandemi serta sejalan dengan tahapan penerima vaksinasi untuk pekerja transportasi umum.

Dengan diikutsertakannya Mitra Driver Gojek dalam program vaksinasi untuk kelompok pekerja sektor transportasi dan usia lansia ini, maka akan membantu driver untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi driver dan pengguna layanan.

Vaksinasi dan Prokes Harus Berjalan Beriringan

Vaksinasi driver GojekVaksinasi driver Gojek Foto: Istimewa

Walaupun sudah divaksin, lanjut Michael, Gojek bersama mitra drivernya senantiasa mengedepankan Protokol J3K yang telah dijalankan sejak awal pandemi. Hal ini diperkuat dengan riset Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) yang menyatakan bahwa protokol J3K Gojek dinilai sebagai protokol kesehatan terlengkap dengan standar tertinggi dibandingkan dengan pemain serupa di negara-negara lain.

Riset lainnya dari Universitas Mulawarman menemukan bahwa program-program edukasi COVID-19 yang diinisiasi oleh Gojek telah sukses memberikan pengetahuan bagi mitra driver agar merasa lebih aman dan tetap menekankan protokol kesehatan."

Untuk meningkatkan kualitas kepatuhan terhadap protokol J3K, Gojek mendorong gerakan #PesanDariRumah, atau pesan dari anggota keluarga yang mengingatkan para driver dan pengguna Gojek untuk saling menjaga selama menggunakan layanan Gojek dengan mengedepankan protokol J3K.

Michael menambahkan melalui vaksinasi COVID-19 ini, mitra driver akan semakin terlindungi dari paparan virus Corona. Dengan demikian, mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Gojek telah dan terus siaga mendukung pemerintah dalam mencapai target program vaksinasi COVID-19 di seluruh kota di Indonesia dengan melibatkan para mitranya didukung oleh seluruh jajaran perusahaan. Dengan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, kami berharap kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 ini dapat berjalan dengan lancar," tuturnya.

Lebih lanjut Michael mengungkapkan sejak awal pihaknya mendukung upaya pemerintah dengan menjadi yang pertama melakukan berbagai edukasi, sosialisasi, dan implementasi protokol kesehatan di setiap layanan Gojek. Hal ini dilakukan dengan melibatkan seluruh bagian ekosistem, mulai dari karyawan, mitra driver, mitra usaha dan pengguna.

Selain itu, Gojek memberi akses bagi mitra driver untuk mendapatkan informasi tentang vaksin melalui Kopdar (ajang temu mitra driver secara virtual) dan info di dalam aplikasi untuk pengguna Gojek.



Simak Video "Gojek Dapat Suntikan Rp 4,3 T dari Telkomsel, Bakal Dipakai Buat Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)