5 Tips Tidur Berkualitas, Tepat Waktu Hingga Andalkan Aromaterapi

5 Tips Tidur Berkualitas, Tepat Waktu Hingga Andalkan Aromaterapi

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 21:56 WIB
Unhappy restless woman wearing pajama suffering from insomnia, alarm clock on bedside table, sleepless tired girl with open eyes lying in bed, lack of sleep, early morning awakening concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya kesulitan tidur dan bisa memicu stres. Menurut praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT, insomnia atau kesulitan tidur menjadi gangguan tidur yang paling banyak dihadapi selama pandemi.

"Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu. Mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/3/2021).

Dalam rangka menyambut Hari Tidur Sedunia pada 19 Maret 2021, Tokopedia bersama dr. Andreas membagikan tips untuk membantu masyarakat mendapatkan tidur berkualitas.

1. Tidur Sesuai Jadwal

Tidur sesuai jadwal adalah hal yang sangat penting, maka sebaiknya jangan gunakan waktu tidur untuk bekerja atau sebaliknya. Durasi tidur juga penting diperhatikan agar dapat menjaga kestabilan fungsi tubuh.

"Durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Jika durasi ini terpenuhi, maka kebutuhan tidur pun tercukupi sehingga kinerja tubuh lebih optimal," tambah dr. Andreas.

2. Ciptakan Kondisi Nyaman

Menurut dr. Andreas, suasana yang nyaman dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

"Demi mendukung tidur semakin berkualitas, pilihlah produk penunjang tidur yang sesuai dengan selera kenyamanan masing-masing," ujarnya.

Untuk mendukung kenyamanan tidur bisa dengan cara memilih bantal dan guling yang nyaman. Di Tokopedia, transaksi produk bantal, guling dan selimut meningkat hampir 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Di sisi lain, transaksi produk kasur melonjak 2x lipat.

3. Atur Pencahayaan Kamar

"Matikan lampu saat tidur karena tubuh kita perlu membedakan waktu siang dan malam. Kondisi gelap juga dapat mendukung produksi hormon melatonin yang membantu tubuh dapat beristirahat sepenuhnya sesuai irama tidur alami atau irama sirkadian," tutur dr. Andreas.

4. Gunakan Pakaian Tidur

Piyama berbahan satin, flanel atau katun bisa menjadi pilihan untuk membuat tidur lebih nyaman. Dengan pakaian yang nyaman dan tidak membuat gerah maka kualitas tidur pun bisa meningkat.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan transaksi jual beli baju tidur di Tokopedia juga meningkat.

"Transaksi baju tidur dan piyama di Tokopedia mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Ekhel.

Masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai pilihan baju tidur atau piyama dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, lewat kampanye Bedtime Favorites di Tokopedia hingga 19 Maret 2021. Di situ tersedia sederet nilai tambah termasuk cashback dan diskon hingga 90%.

5. Pakai Minyak Aromaterapi

Ada beberapa minyak aromaterapi yang bisa meningkatkan relaksasi dan membuat tidur lebih nyenyak, antara lain lavender, kayu cedar dan bergamot.

"Tingginya minat masyarakat dalam menggunakan aromaterapi turut berdampak pada penjualan produk diffuser di Tokopedia. Data internal mencatat bahwa transaksi produk diffuser naik lebih dari 2,5x lipat selama 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya," tutup Ekhel.

Ekhel juga mengungkapkan Tokopedia selalu mendukung UMKM lokal dalam pemasaran produk di platform Tokopedia serta mempermudah masyarakat untuk mendapatkan tidur berkualitas lewat produk yang dijual di Tokopedia.

"Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan tidur berkualitas lewat beragam pilihan produk penunjang dari jutaan pegiat usaha khususnya UMKM lokal," pungkasnya.

(fhs/fay)