Pecatur Cantik di Chess.com Ini Penghasilannya Miliaran

Pecatur Cantik di Chess.com Ini Penghasilannya Miliaran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 12:17 WIB
Alexandra Botez
Alexandra Botez. Foto: Instagram/missbotez
Jakarta -

Alexandra Botez barangkali adalah salah satu pecatur wanita yang banyak jadi idola pada saat ini. Dia aktif di media sosial, YouTube, Twitch sampai Chess.com. Dari keahliannya main catur, penghasilannya bisa sampai miliaran rupiah.

Botez yang berusia 25 tahun ini sering tampil bersama adiknya, Andrea, dalam bermain catur online dan digemari oleh para pemirsanya. Ia bersemangat main catur karena dididik sang ayah.

"Dia selalu berkata kasar saat kami bermain sehingga aku harus survive dan membalasnya juga. Saya pikir dia akan sangat kecewa jika saya tidak bagus main catur," katanya.

Orang tuanya adalah imigran asal Rumania yang pindah ke Amerika Serikat, kemudian pindah lagi ke Kanada di mana Botez dibesarkan. Botez sudah diajari catur sejak umur 6 tahun. Menyadari bakatnya yang besar, ayahnya kemudian sering mendaftarkan dia dalam perlombaan catur. Orang Rumania memang pada umumnya gemar main catur.

"Keluarga saya datang dari Rumania yang punya budaya catur yang sungguh besar jika dibandingkan dengan di Amerika Serikat, di mana orang di sini pada umumnya hanya melihat catur sebagai permainan bagi para nerd," kata sang pecatur wanita.

Alexandra BotezAlexandra Botez. Foto: Instagram/missbotez

Tidak sekadar jelita, Botez memang terbukti jago main catur. Titelnya pada saat ini adalah Woman FIDE Master dengan rating terkini 2020. Puncak rating yang pernah dia raih adalah 2092 pada September 2016.

Botez pun pernah beberapa kali membela tim nasional pecatur wanita Kanada dan menyabet gelar Canadian National Girls Champion sebanyak lima kali. Dia dulu pada saat masih remaja juga sering pula tampil di olimpiade catur.

Halaman selanjutnya: Aksi Botez di catur online...