TikTok Blokir Akun Sebarkan Kebencian di Myanmar

TikTok Blokir Akun Sebarkan Kebencian di Myanmar

Josina - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 15:27 WIB
aplikasi tiktok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

TikTok mengatakan secara agresif telah memblokir banyak akun dan perangkat di Myanmar. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran informasi yang salah dan video kekerasan di platformnya.

Informasi ini dilaporkan oleh Rest of World yang mengatakan bahwa pemerintah Myanmar telah memposting ratusan video ke TikTok sejak militernya mengkudeta pemerintahan pada Februari 2021.

Video tersebut berisikan propaganda pro pemerintah dan informasi yang salah yang dimaksudkan untuk membingungkan para demonstran selain itu ada juga video-video ancaman dari tentara menggunakan senjata yang diarahkan ke demonstran.

Pada awal bulan ini TikTok telah menghapus beberapa videonya setelah media melaporkan telah meningkatnya konten berisikan ujaran kebencian dan ancaman di negara tersebut.

Namun dilaporkan oleh Rest of World TikTok mengaku tidak bergerak cukup cepat untuk menghentikan penyebaran video konten yang mengandung ancaman dan kekerasan lainnya.

Diketahui ketika para demonstran terus melalukan demo kudeta pada 1 Februari silam sudah lebih dari 200 warga yang meninggal dunia.

"Promosi kebencian, kekerasan, dan informasi yang salah sama sekali tidak memiliki tempat di TikTok," kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan seperti dilansir detiKINET dari The Verge, Senin (23/3/2021).

"Ketika kami mengidentifikasi situasi yang meningkat pesat di Myanmar, kami dengan cepat memperluas sumber daya khusus kami dan selanjutnya meningkatkan upaya untuk menghapus konten yang melanggar," kata juru bicara TikTok.

TikTok pun menegaskan secara agresif telah memblokir banyak akun dan perangkat yang diidentifikasi untuk mempromosikan konten berbahaya dalam skala besar.

Juru bicara tersebut juga menambahkan bahwa TikTok akan terus melakukan investasi yang signifikan untuk menanggapi ancaman baru untuk menjaga TikTok di Myanmar sebagai platform yang aman.



Simak Video "TikTok Cash Diblokir Kominfo!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)