Aneka Pekerjaan yang Butuh Tim SEO

Aneka Pekerjaan yang Butuh Tim SEO

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 17:30 WIB
Young man and woman startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room.
Pekerjaan ini berurusan dengan tim SEO. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Perubahan penggunaan internet yang pesat membuat tim SEO semakin dibutuhkan. Karenanya, buat kamu yang bekerja di divisi ini harus siap kolaborasi, ya.

SEO atau search engine optimization simpelnya adalah upaya untuk membuat produk atau brand mendapatkan posisi pertama di laman Google sehingga mendapatkan awareness lebih dan juga kunjungan dari customer.

Viktor Iwan CEO & Founder Doxadigital Creative Digital Agency dalam SEO Conference Jakarta 2021, Kamis (18/3/2021) menyebutkan bahwa pada dasarnya tim SEO akan bekerja sama dengan sejumlah tim di dalam perusahaan. Pertama tentunya pemilik bisnis sehingga tujuan pemilik bisa mendapatkan hasil yang menghasilkan bisa tercapai.

"Dari pemilik bisnis kemudian didelegasikan ke tim pemasar (marketing)," ujarnya.

Selain itu, ada juga tim developer yang harus mau tidak mau bekerjasama dengan tim SEO. Ada banyak hal teknis terkait pembangunan website tapi tetap saja, page experience juga harus didukung dengan aspek yang 'Google friendly'.

"Tim SEO pikir bahwa page experience itu penting tapi kalau tidak ranking buat apa?" tutur Viktor.

Karenanya ia menegaskan untuk semua lini terkait bekerja sama dengan baik. Dari tim marketing, tim developer, sampai tim SEO harus memiliki tujuan dasar yang sama dan tentu saja sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh pemilik bisnis.

"SEO is marketing effort, tidak bisa bertumbuh sendiri. Kalau bicara representatif brand, semua channel itu harus saling berkesinambungan. Kadang SEO membantu dengan Google Ads, SEO bisa membantu dengan Facebook Ads, Facebook Ads juga terbantu dengan SEO. Pada saat membuat brief, harapan saya, SEO juga harus mengerti objektif bisnis itu sendiri," tutupnya.



Simak Video "Park Seo Joon Terbang ke Amerika untuk Syuting Film Marvel"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)