Jack Ma 'Dihukum' Lagi Xi Jinping, UC Browser Dilenyapkan

Jack Ma 'Dihukum' Lagi Xi Jinping, UC Browser Dilenyapkan

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 17 Mar 2021 08:30 WIB
UC Browser
UC Browser lenyap dari toko aplikasi Android di China. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Jack Ma kembali kena hukuman dari Presiden Xi Jinping. Kini mesin peramban UC Browser yang dimiliki Alibaba dilenyapkan dari toko aplikasi Android di China.

Hilangnya aplikasi peramban ini terjadi setelah UC Browse dikritik di sebuah acara yang disiarkan oleh CCTV, lembaga penyiaran yang dimiliki negara, tentang iklan medis online yang menyesatkan.

Acara tersebut menuduh UC Browser mengizinkan rumah sakit swasta untuk menawar 'nama rumah sakit paling terkenal di China' dalam kata kunci pencarian. Sehingga berpotensi memikat pasien ke situs web mereka alih-alih rumah sakit umum yang seharusnya dikunjungi.

Usai kejadian tersebut, sebagian besar toko aplikasi Android China, termasuk yang dioperasikan oleh Huawei, Xiaomi dan Tencent, telah menghapus UC Browser. Menghapus aplikasi dalam jangka waktu tertentu adalah hukuman umum di China bagi perusahaan yang dianggap melanggar aturan.

Pihak UC Browser sendiri sudah menanggapi hal tersebut. Mereka akan melakukan koreksi dan konten yang dipermasalahkan telah dihapus.

"Dengan cepat akan melakukan serangkaian tindakan untuk memeriksa dan memperbaiki," ujar juru bicara UC Browser yang dikutip dari CNBC.

"Kami akan lebih meningkatkan tinjauan konten dan memikul lebih banyak tanggung jawab, dan memberikan layanan info yang baik dengan standar yang lebih ketat."

Hilangnya UC Browser dari toko aplikasi Android di China terjadi sehari setelah presiden Xi Jinping mengeluarkan peringatan keras kepada sektor teknologi negara itu lantaran ukuran dan pengaruhnya yang semakin besar.

Mereka berencana memperketat regulasi perusahaan internet besar. Grup Alibaba yang menyumbang sekitar sepersepuluh dari penjualan ritel di negara itu menjadi target utama tindakan keras tersebut.

Regulator telah memblokir IPO USD 37 miliar perusahaan kelompok Alibaba Ant Group, November lalu. Dan Jack Ma, pendiri Alibaba dan orang terkaya di China, hampir tidak terlihat di depan umum sejak itu.



Simak Video "Jack Ma yang Sempat Bersitegang dengan China Sebelum Dikabarkan Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)