Gaduh Netizen Bahas Upah Magang di Ruangguru

Gaduh Netizen Bahas Upah Magang di Ruangguru

Tim - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 16:45 WIB
Ruangguru
Ilustrasi anak belajar online (Foto: Ruangguru)
Jakarta -

Startup edukasi Ruangguru jadi buah mulut di Twitter. Yang dipergunjingkan soal tenaga magang dibayar terlewat murah.

Yang viral adalah thread dari @NathPribady yang sampai mendapatkan 19.300 like, 5.368 tweet dan 1,936 quote tweet. Postingannya berisi 3 screenshoot yang berisi keluhan bekerja di Ruangguru dengan gaji kecil.

Tweetnya disambar @margianta yang mengkritik startup yang menghabiskan uang miliaran rupiah untuk iklan dan acara TV, namun menggaji guru magang sangat rendah. Tweet ini juga viral dengan 2.400 like dan 1.200 retweet.

Dengan gaduhnya Twitter soal upah guru magang ini, Co-Founder dan CPO Ruangguru, Iman Usman langsung menanggapi di Twitter. Dia menegaskan bahwa Ruangguru membayar upah pegawai magang secara kompetitif.

"Kami membayar semua intern kami secara kompetitif (tidak sama rata, tergantung bidang, freelance type of work, dll dan sudah sama atau lebih tinggi dari startup lain bahkan yang lebih besar dari kami). Angka-angka yang disebut makanya bisa berbeda-beda," kicau @imanusman.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (16/3/2021) Head of Corporate Communications Ruangguru, Anggini Setiawan menjelaskan pihaknya selalu mendengarkan masukan dari berbagai pihak. Mereka mengevaluasi untuk memperbaiki sistem secara berkelanjutan.

"Semua sistem dan tata kelola kepegawaian sudah sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang ada. Namun, kami tetap berkomitmen untuk terus mendengar dan menindaklanjuti aspirasi dari seluruh karyawan, termasuk peserta magang. Kami telah menampung berbagai masukan dalam beberapa hari ini dan meninjau ulang kebijakan perusahaan, khususnya mengenai program pemagangan," kata Anggini.

"Praktik baik yang sudah berjalan akan dilanjutkan dan ditingkatkan lagi. Namun hal-hal yang perlu diperbaiki juga sudah menjadi catatan untuk perbaikan ke depannya," ucapnya kemudian.



Simak Video "Nicholas Saputra Didapuk Jadi Duta Belajar Ruangguru"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)