5 Hoax Terbaru yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Sampai Kecele!

5 Hoax Terbaru yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Sampai Kecele!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 14 Mar 2021 16:20 WIB
Ilustrasi hoax or not
5 hoaks terbaru yang harus diketahui. Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah/detikcom
Jakarta -

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, mengirimkan pesan sudah bisa dilakukan dalam hitungan detik. Masalahnya, ini juga bisa mempermudah perluasan penyebaran hoax yang membuat masyarakat resah.

Dirangkum detikINET, ini adalah 5 hoax yang sering beredar di lini masa dan broadcast pesan singkat. Jangan sampai tertipu, ya!

1. Cek peretasan HP dengan *#21#

Mohon Cek di hp masing2
*#21# kalau ada tulisan "diteruskan" berarti hp kita diretas orang...
Kalau tulisannya "tidak diteruskan" berarti aman.
Silahkan dicek
( Bintang Pagar 21 Pagar )

Semoga bermanfaat...🙏🙏

Begitulah isi pesan berantai yang memberikan tips abal-abal. Menurut Kementerian Kominfo di laman resminya, *#21# bukan untuk mendeteksi peretasan.

"Kombinasi *#21# sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan," kata Kominfo.


2. WhatsApp Gold dan virus Martinelli

Ini sebenarnya adalah hoax yang sudah lama dan terus menyebar. Dikutip detikINET dari Heavy.com, semua itu sebenarnya adalah tipu-tipu.

Keberadaan WhatsApp Gold ini juga sudah dibahas oleh WhatsApp lewat situs resminya. Dalam keterangan tersebut, WhatsApp Gold (atau Plus) bukan aplikasi yang dikembangkan oleh WhatsApp.


3. DANA bagi-bagi uang

Beredar pesan berantai di WhatsApp yang menginformasikan dompet digital DANA membagikan uang tunai secara cuma-cuma. Pihak manajemen menegaskan hal tersebut merupakan hoax.

"Dapat saya sampaikan hal itu tidak benar dan bukan kegiatan promosi atau program marketing dari DANA," kata Vice President of Communications DANA Steve Saerang dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (27/1/2021).


4. Viral Chip 5G di Vaksin COVID-19

Pernah menemukan diagram yang diklaim menunjukkan cara kerja chip 5G yang ada di dalam vaksin corona? Tak usah diambil pusing karena itu hoax.

Diagram tersebut ternyata merupakan skema untuk pedal Boss Metal Zone MT-2, yang biasa digunakan gitaris untuk menambah efek dan distorsi pada suara gitar.


5. Hoax vaksinasi lansia

Sejumlah lansia tertipu broadcast hoax terkait vaksinasi COVID-19 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta di Jalan Hang Jebat Raya, Jakarta. Pakar epidemiologi FKM Universitas Indonesia Pandu Riono menyarankan informasi soal vaksinasi lansia hanya melalui 1 pintu.

"Jadi semuanya dikoordinasi oleh RT/RW," ujar Pandu kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

"Jadi pokoknya jangan percaya sama informasi lain semuanya 1 (pintu) RW saja," lanjutnya.



Simak Video "Stop Penyebaran Hoaks Seputar COVID-19! Saring Dahulu, Sebar Kemudian"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/agt)