Netflix Tindak Pengguna yang Berbagi Password Tapi Tak Serumah

Netflix Tindak Pengguna yang Berbagi Password Tapi Tak Serumah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 12 Mar 2021 13:20 WIB
Thibault Penin
Netflix Akan Tindak Pengguna yang Berbagi Password Foto: Unspslah/Thibault Penin
Jakarta -

Netflix selama ini membiarkan penggunanya yang berbagi password dengan orang yang tidak tinggal serumah. Tapi sepertinya layanan streaming ini tidak akan tinggal diam lagi melihat praktek seperti ini.

Beberapa pengguna Netflix melaporkan mereka tidak melewati halaman login karena dihadang oleh notifikasi yang mengatakan mereka harus tinggal serumah dengan pemilik akun.

"Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun ini, Anda harus memiliki akun sendiri jika ingin tetap menonton," tulis pesan dalam notifikasi tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (12/3/2021).

Netflix kemudian meminta pengguna untuk memverifikasi identitasnya dengan memasukkan kode yang dikirimkan Netflix ke alamat email atau nomor telepon yang terdaftar dengan akun.

Jika pengguna tidak berhasil memverifikasi kepemilikan akun dalam jangka waktu tertentu, mereka tidak akan bisa lagi mengakses konten Netflix. Mereka justru akan diminta untuk membuat akun sendiri.

Dalam keterangan resminya, Netflix memastikan notifikasi ini masih dalam tahap uji coba terbatas dan belum diketahui apakah akan digulirkan secara lebih luas.

Notifikasi ini juga diuji coba untuk meningkatkan keamanan akun Netflix. Jika ada seseorang yang mencoba mengakses akun yang bukan miliknya dengan kredensial curian, mereka tidak akan bisa mengakses akun tersebut.

Kebijakan Netflix tidak mengizinkan pengguna berbagi password dengan orang lain yang tidak tinggal serumah. Tapi kebijakan ini juga tidak begitu jelas karena mungkin ada keluarga yang memiliki akun bersama, tapi salah satu anaknya bersekolah di luar kota. Skenario itu juga pernah diungkit oleh co-CEO Netflix Reed Hastings di tahun 2016.

"Ada banyak cara berbagi password yang sah, seperti Anda berbagi dengan pasangan Anda, dengan anak-anak Anda, jadi tidak ada batasan jelas, dan kami baik-baik saja," kata Hastings saat itu.

Sepanjang tahun 2020, Netflix mendapatkan 37 juta pengguna baru dan secara total memiliki lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Berdsarkan data perusahaan riset Magid, 33% pengguna Netflix berbagi password setidaknya dengan satu orang lain.



Simak Video "Netflix Dikabarkan Sedang Siapkan Video Games di Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)