Google Doodle Ikut Rayakan International Women's Day

Google Doodle Ikut Rayakan International Women's Day

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 09:45 WIB
Google Doodle rayakan Hari Perempuan Internasional
Google Doodle Ikut Rayakan International Women's Day Foto: dok. Google
Jakarta -

Google Doodle merayakan peringatan International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini Senin, 8 Maret 2021. Doodle kali ini menampilkan video animasi singkat yang inspiratif.

Video ini fokus memperlihatkan sejumlah tangan perempuan yang melambangkan perempuan perintis yang berhasil membukakan pintu dan kesempatan bagi perempuan lainnya, terutama di bidang yang didominasi laki-laki.

Misalnya perempuan pertama yang menggunakan hak pilihnya, akademisi perempuan yang memenangkan penghargaan Nobel, atlet perempuan berprestasi, hingga astronaut perempuan pertama.

"Video Doodle memberikan penghormatan kepada para pahlawan ini dengan menggambarkan tangan yang telah membuka pintu bagi wanita selama beberapa generasi," kata Google dalam blognya, seperti dikutip detikINET, Senin (8/3/2021).

"Saat beberapa perempuan pertama mencapai sesuatu yang baru secara spektakuler, yang lain menerima pengakuan atau hak yang sudah lama tertunda," sambungnya.

Video animasi singkat untuk merayakan Hari Perempuan Internasional ini merupakan karya dari Helene Leroux. Ia mengaku tertantang untuk menuangkan tema 'Women Firsts' dalam ilustrasinya.

"Saya ingin mencari cara untuk mewakili beragam pencapaian wanita secara global, sambil mencari tahu siapa 'orang pertama' yang spesifik. Jadi itu cukup menantang!" kata Leroux.

"Saya akhirnya menyadari bahwa close-up tangan yang menyorot perempuan di berbagai bidang mereka sepanjang waktu akan menjadi cara yang bagus untuk memberikan penghormatan," sambungnya.

Hari Perempuan Internasional pertama kali diperingati di Amerika Serikat pada 8 Maret 1909. Peringatan ini didahului oleh demonstrasi yang dilakukan kaum buruh perempuan di New York yang meminta gaji lebih baik dan hak memilih.

Kini Hari Perempuan Internasional dirayakan di hampir seluruh negara. Google Doodle kali ini pun ditampilkan di hampir seluruh dunia, kecuali di segelintir negara Afrika.



Simak Video "Google Doodle Rayakan 90 Tahun Go Tik Swan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)