Lewat Fitur Ini, Tokopedia Dorong Ekonomi Syariah dan Produk Halal

Lewat Fitur Ini, Tokopedia Dorong Ekonomi Syariah dan Produk Halal

Inkana Putri - detikInet
Senin, 01 Mar 2021 16:11 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pada awal Februari lalu, pemerintah resmi meluncurkan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai langkah dalam mengupayakan kesejahteraan bangsa dan umat serta mendorong pasar syariah di Indonesia.

Sinergi dengan pemerintah, perusahaan teknologi pun turut berkontribusi mendorong ekonomi syariah di Indonesia melalui berbagai upaya, salah satunya Tokopedia. Platform marketplace ini meluncurkan 'Tokopedia Salam' sebagai upaya mendukung pasar syariah dengan menghadirkan ragam produk bersertifikat halal.

"Berdasarkan riset yang kami lakukan terhadap pengguna Tokopedia, lebih dari 80% responden menyatakan memiliki kebutuhan untuk membeli produk makanan bersertifikat halal. Melihat adanya kebutuhan ini, melalui Tokopedia Salam, kami berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menemukan produk-produk bersertifikat halal secara lengkap, mudah dan amanah melalui pencantuman informasi sertifikat halal yang kini tertera pada keterangan dan filtrasi produk," ungkap VP Public Policy and Government Relations Tokopedia, Astri Wahyuni dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut Astri menyampaikan pihaknya juga bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dalam menyaring berbagai produknya.

"Tokopedia Salam juga menjadi platform pertama yang bekerja sama dengan LPPOM MUI dan BPJPH untuk pengembangan layanan produk halal di platform digital," katanya.

Sejak peluncurannya, Astri mengatakan Tokopedia Salam mendapatkan respon yang positif dari para pengguna. Bahkan, transaksi produk fesyen muslim meningkat dua kali lipat.

"Semenjak diluncurkannya ekosistem Tokopedia Salam, antusiasme masyarakat begitu tinggi khususnya dalam berbelanja produk fesyen muslim secara daring dan subkategori Fashion Muslim di Tokopedia mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat belakangan ini. Baju koko pria, rompi muslim, sajadah, sarung anak dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019," katanya.

Astri menambahkan peningkatan juga terjadi untuk pemakaian fitur Alquran digital dibandingkan Ramadan tahun lalu.

"Selain peningkatan dari sektor produk, antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan Tokopedia Salam untuk beribadah juga meningkat signifikan, salah satunya terlihat dari peningkatan pemakaian fitur Alquran digital yang mengalami kenaikan menjadi lebih dari 3x lipat selama periode Ramadan tahun lalu. Peningkatan pemakaian ini juga diprediksi akan terjadi di Ramadan mendatang," jelasnya.

Dalam menyambut Ramadan, Astri menyebut Tokopedia juga telah menyiapkan berbagai program yang diharap dapat memudahkan kewajiban dan ibadah pengguna.

"Melihat antusiasme yang begitu tinggi, di Ramadan lalu, Tokopedia menghadirkan sejumlah inisiatif untuk mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan fitur penghitungan zakat fitrah dan zakat mal serta bukti setoran pajak secara digital yang bisa digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan potongan pajak penghasilan," paparnya.

"Tokopedia juga meluncurkan fitur Fidyah untuk mempermudah masyarakat yang memiliki kewajiban membayar fidyah atas sejumlah hari puasa tertinggal dan tidak dapat digantikan di lain waktu. Fitur Kotak Klenceng juga akan menjadi fitur yang akan segera diluncurkan demi membantu masyarakat menunaikan infak untuk pembangunan masjid atau bantuan anak yatim," imbuhnya.

Astri berharap dengan adanya Tokopedia Salam, pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia dapat meningkat. Tak hanya itu, fitur ini juga diharapkan mampu mencegah laju penyebaran COVID-19.

"Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Kami berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital serta membantu meredam laju penyebaran COVID-19 dan memudahkan masyarakat untuk #DiRumahAjaDulu," ungkapnya.

Adapun ke depan, Astri menjelaskan pihaknya akan memperbanyak fitur yang mempermudah pengguna umat muslim dalam beribadah. Selain itu, Tokopedia juga akan memperluas kolaborasi antarlembaga terkait.

"Ke depannya, ekosistem Tokopedia Salam akan terus diperkaya dengan beragam layanan untuk mempermudah umat Muslim beribadah, salah satunya jadwal salat dan penunjuk arah kiblat. Lebih lanjut, Tokopedia juga terus mengeksplorasi kerja sama dengan berbagai LPH lainnya sebagai bentuk komitmen dalam mendorong perkembangan produk halal di Indonesia," pungkasnya.

(mul/mpr)