Spotify Hapus Ribuan Lagu K-Pop dari Kakao M, Kenapa?

Spotify Hapus Ribuan Lagu K-Pop dari Kakao M, Kenapa?

Josina - detikInet
Senin, 01 Mar 2021 14:16 WIB
spotify
Foto: Unspslah/Sara Kurfess
Jakarta -

Penggemar musik K-Pop di seluruh dunia heboh hingga menjadi trending di jagat media sosial. Beberapa lagu K-Pop yang mereka sukai sudah tidak lagi tersedia di Spotify.

Diketahui Spotify belum lama diluncurkan di Korea Selatan di mana mereka harus berasing dengan layanan streaming musik lain seperti Melon, Genie, Flo dan masih banyak lagi.

Melon sendiri menjadi salah satu layanan streaming musik teratas di Korea Selatan dan menjadi rumah bagi katalog lengkap lagu-lagu lokal.

Kakao M sebagai perusahaan induk merupakan distributor dari ribuan lagu K-Pop dengan penyanyi-penyanyi ternama seperti IU, MONSTA X, SEVENTEEN, LOONA, MAMAMOO, THE BOYZ, GFRIEND, (G) I-DLE, ASTRO, dan banyak lagi.

Sayangnya mulai hari ini Senin 1 Maret lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao M dilaporkan telah dihapus dari platform musik global, membuat penggemar dan artis hancur oleh berita tersebut.

Langkah ini pun diprotes salah satu satu penyanyi Korea Selatan Tablo Epik High. Lewat akun Twitternya ia mengungkapkan kekesalannya.

"Mengapa selalu seniman dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis menempatkan keserakahan di atas seni?" tulisnya

Sementara itu, pendiri Manajemen EN Eddie Nam yang mengelola artis seperti Epik High dan Eric Nam mengimbau kedua belah pihak untuk memberikan solusi bagi penggemar dan artis.

Seorang juru bicara Spotify mengonfirmasi berita tersebut ke Bandwagon, mengatakan bahwa mereka telah bekerja dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global.

"Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan bagi artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia. Kami berharap gangguan ini hanya sementara dan kami dapat menyelesaikan situasi ini segera," kata Spotify seperti dilansir detiKINET dari Bandwagon, Senin (1/3/2021).



Simak Video "Berdamai dengan Kakao M, Lagu K-Pop Bisa Didengar Lagi di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)