Fakta Menarik Belanda, Negara dengan Netizen Paling Sopan di Dunia

Fakta Menarik Belanda, Negara dengan Netizen Paling Sopan di Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 28 Feb 2021 16:35 WIB
Teenagers Using Mobile Phones
Fakta-fakta Menarik Belanda, Negara dengan Netizen Paling Sopan di Dunia. Foto: ThinkStock
Jakarta -

Secara global, Belanda menempati posisi pertama sebagai netizen paling sopan. Hal ini didapatkan dari hasil survei Microsoft 2020 Digital Civility Index (DCI).

Indonesia harus ikhlas menduduki peringkat terakhir di Asia Tenggara atau posisi ke-29 dari 32 negara yang diteliti oleh Microsoft. Berikut ini fakta seputar perilaku berinternet di Negara Kincir Angin:

1. Akses internet

Hampir semua rumah di Belanda memiliki akses internet broadband. Dengan akses di 97% dari semua rumah tangga, Belanda menduduki peringkat teratas Eropa pada tahun 2018. Melansir Long Reads, rata-rata, 86% rumah tangga Eropa memiliki akses internet broadband. Yunani dan Bulgaria memiliki angka terendah masing-masing sebesar 76% dan 71%.

Lebih lanjut, ditemukan bahwa 90% orang Belanda berusia 16 hingga 74 tahun menggunakan internet setiap hari, dibandingkan rata-rata 76% dalam populasi Eropa.

2. Penggunaan smartphone

Pada 2018, 84% orang di Belanda dan Denmark serta 86% orang di Swedia memiliki akses internet smartphone di luar rumah atau tempat kerja. Ini memberi mereka keunggulan di Eropa, di mana rata-rata baru 67% pengguna ponsel cerdas memiliki akses.

Belanda berbagi tempat kedua dengan Denmark dalam hal internet banking (86%) dan peringkat ketiga untuk pembelian konsumen secara online (80%).

3. Aktif bermain media sosial

Di antara populasi Belanda yang berjumlah lebih dari 17 juta orang, sekitar 65% mengaku sebagai pengguna media sosial yang aktif. Facebook dan Instagram termasuk platform media sosial paling populer di Belanda, setelah WhatsApp.

Menurut hasil survei dari tahun 2020, Facebook memiliki sekitar 7 juta pengguna aktif harian di negara tersebut. Instagram memiliki sekitar 3,5 juta, sebagaimana dikutip dari Statista.

4. Pakai LinkedIn

Ada sekitar 9 juta pengguna LinkedIn di Belanda pada Januari 2021, lebih dari seperempatnya berusia antara 35 sampai 54 tahun. Padahal pada 2019, hanya sekitar 4,6 juta orang di Belanda yang menggunakan LinkedIn.

Di tahun 2018, sekitar 40% generasi Milenial di Belanda mengindikasikan bahwa mereka secara aktif menggunakan LinkedIn. Statistik ini menunjukkan seberapa tingginya jangkauan online untuk LinkedIn di Belanda, baik melalui desktop, tablet, atau smartphone, dari Juli 2017 hingga Juli 2019.



Simak Video "Microsoft Trending Gegara Riset Netizen Indonesia Tidak Sopan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)