Ditangkap KPK, Wikipedia Nurdin Abdullah Ditambahi 'Koruptor'

Ditangkap KPK, Wikipedia Nurdin Abdullah Ditambahi 'Koruptor'

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 27 Feb 2021 11:42 WIB
Wikipedia profil Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Diedit Jadi Koruptor usai penangkapan oleh KPK, Sabtu (27/2/2021).
Profil Wikipedia Nurdin Abdullah diedit jadi koruptor (Screenshoot Google)
Jakarta -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah dicokok KPK menyusul Operasi Tangkap Tangan. Profil dia di Wikipedia langsung dijahili.

Tim KPK menangkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di rumah dinas pada Sabtu (27/2/2021) pukul 01.00 Wita. Di tempat lain, Tim KPK mengamankan barang bukti di sebuah rumah makan di Makassar.

Nah, netizen yang penasaran dengan sosoknya, tentu mencari di Google. Namun apa yang terjadi? Ketika keluar hasil pencarian Google, ada thumbnail profil di Wikipedia yang aneh. Ada yang mengubah profilnya di Wikipedia seperti dilihat detikINET, Sabtu (27/2/2021).

"Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr. adalah Koruptor yang menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan Periode 2018-2023," begitu tulisannya.

Ketika dicek history-nya, ada yang mengubah profilnya pada pagi ini beberapa kali. Ada 5 perubahan yang terjadi dengan menambahkan kata 'Koruptor' dan 'Tikus Berdasi' oleh pengguna bernama Youngster***.

Kemudian, pengguna Rian*** menolak 5 perubahan terakhir pada profil Nurdin Abdullah. Karena vandalisme berulang, profil Nurdin Abdullah di Wikipedia pun diproteksi.

Penyuntingan dan pemindahan hanya untuk pengguna terdaftar saja. Kondisi ini diberlakukan sampai 6 Maret 2021 mendatang.

Kini, halaman Wikipedia Nurdin Abdullah sudah normal kembali. Namun pada history, masih ada jejak penambahan kata 'koruptor' yang sempat terjadi.

Sesuai etika, sebaiknya masyarakat memang harus selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah. Publik kini menunggu keterangan lengkap dari KPK.

"Betul, hari Jumat tanggal 26 Feb 2021 tengah malam KPK melakukan giat melakukan tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan pagi tadi.



Simak Video "Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Tersangka Suap, Ditahan di Rutan KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)