'Jack Ma' Kecil Gangguan Mental, Netizen Kasihan

'Jack Ma' Kecil Gangguan Mental, Netizen Kasihan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 12:04 WIB
Jack Ma kecil
'Jack Ma' kecil sekarang dan dulu. Foto: Sohu
Jakarta -

Fang Xiaoqin dulu viral karena wajahnya sangat mirip dengan Jack Ma, pebisnis terkenal asal China. Setelah menuai popularitas bahkan punya agensi, Fang telah kembali ke desanya di Yongfeng dan kembali hidup dalam kemiskinan.

Bahkan dalam kabar terbaru, seperti dikutip detikINET dari Global Times, Kamis (25/2/2021), Fan telah didiagnosa mengalami gangguan mental. Netizen pun kembali membicarakan nasib malang bocah yang kini berusia 12 tahun itu dan merasa kasihan kepadanya.

Pejabat dari Disabled Persons' Federation di Yongfeng, Provinsi Jiangxi, membenarkan bahwa Xiaoqin dan kakaknya mengalami gangguan mental. Mereka telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan semacam surat keterangan sebagai pertanda mereka mengalami kondisi tersebut.

Dengan demikian, keluarganya bisa mendapatkan subsidi untuk perawatan ataupun kebutuhan sehari-hari. Menengok ke belakang, pada November 2016, China Daily yang pertama meliput berita dengan bocah ini sangat mirip Jack Ma dan dijuluki Jack Ma mini.

Jack Ma mini'Jack Ma' mini. Foto:China Daily

"Jack Ma mini jadi tenar setelah orang sedesanya memposting videonya online di 2015. Internet meledak membahas betapa miripnya dia dengan Jack Ma," tambah media berbahasa Inggris itu.

Pada saat viral, Fang sempat dikontrak oleh agensi karena banyak yang ingin berfoto bersamanya ataupun kegiatan lain. Pada tahun 2017, ia dikontrak sebuah agensi dan disekolahkan, sedangkan keluarganya diberikan uang bulanan. Bahkan dibangun toilet bagus di desa Fang.

Fang pun jadi sering tampil di televisi maupun video online. Dia tinggal di sebuah rumah bagus dan punya pembantu sendiri. Setiap hari, sopir mengantarnya ke sekolah.

Sayangnya, Fang kesulitan mengikuti pelajaran. Bahkan ia sering bolos dan hanya berkeliling di sekolahnya pada saat seharusnya ada kelas. Maka akhirnya kontraknya diputuskan oleh agensi itu dan dia kembali ke desanya pada akhir tahun 2020. Apalagi, semakin besar wajahnya semakin beda dari Jack Ma.

Halaman selanjutnya: Nasib terbaru 'Jack Ma' mini...