Ramadhan Sebentar Lagi, Ini yang Paling Dicari di Twitter

Ramadhan Sebentar Lagi, Ini yang Paling Dicari di Twitter

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 14:06 WIB
Ilustrasi buka puasa
Ilustrasi Ramadhan. Foto: iStock
Jakarta -

Ramadhan sebentar lagi. Siap-siap nih, topik ini bakal berseliweran di lini masa Twitter. Apalagi ditambah situasi sekarang yang membuat orang lebih ketergantungan dengan media sosial, bisa-bisa volume percakapannya bisa lebih nyaring dari biasanya.

Dwi Adriansah Country Industry Head Twitter Indonesia menjelaskan dalam media briefing, Kamis (18/2/2021) banyak yang sudah bisa beradaptasi menggunakan digital untuk mengurangi kerinduan akibat physical distancing dan pembatasan lainnya karena pandemi COVID-19. Salah satunya menggantikan tatap muka secara langsung dengan kegiatan video call.

"Karena banyak aktivitas tergantung dengan online platform, media sosial khususnya Twitter akan lebih banyak digunakan orang Indonesia saat Ramadhan. Akan lebih banyak orang menggunakan lebih dari biasanya untuk menghabiskan waktu," ucap pria yang akrab disapa Ade ini.

Berkaca dari tahun lalu, ada sekitar lebih dari 16 juta tweet yang dilontarkan netizen selama Ramadhan. Setidaknya ada tiga topik yang menjadi unggulan yakni mudik (lebih dari 64%), hiburan (60% lebih), dan makanan (30% lebih).

Lebih lanjut, dari survei yang dilakukan Twitter ke pengguna, ditemukan sebanyak 79% pengguna menjadikan media sosial sebagai aktivitas yang paling diantisipasi selama Ramadhan 2021, disusul dengan 68% pengguna yang memilih streaming film, 42% belanja online, 40% bermain game, dan 36% menonton TV.

"Dibandingkan periode sebelum dan pada saat COVID-19, kategori seputar makanan awalnya lebih tinggi tapi setelah COVID-19 lebih banyak hiburan," ujarnya.

Sementara itu untuk pemakaian aplikasi online di Ramadhan 2021, 88% pengguna mengatakan akan lebih sering berkutat dengan media sosial, disusul 77% aplikasi video streaming, 52% aplikasi online, 37% aplikasi pesan makanan, 34% aplikasi panggilan video (video call), 23% aplikasi gaming, dan terakhir 16% aplikasi pemesanan transportasi online.



Simak Video "Suka Cita Netizen Sambut Datangnya Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)