Pendiri Telegram Datangi Pangeran Dubai, Ada Apa?

Pendiri Telegram Datangi Pangeran Dubai, Ada Apa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 12:05 WIB
Pavel Durov
Bos Telegram bertemu Pangeran Dubai. Foto: istimewa
Jakarta -

Pendiri Telegram, Pavel Durov, menemui pangeran atau Putra Mahkota Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Apa tujuan pertemuan yang berlangsung di Uni Emirat Arab ini?

Rupanya Sheikh Hamdan sekadara ingin beramah tamah dengan Durov. Apalagi kantor pusat Telegram saat ini berada di Dubai setelah sebelumnya sempat berpindah-pindah di beberapa negara.

Sang Putra Mahkota Dubai menyebut bahwa dengan infrastruktur kelas dunia, Dubai menyediakan semua hal yang diperlukan oleh perusahaan teknologi baik yang skala kecil maupun besar, agar bisa semakin berkembang. Terbukti Telegram pun memilih berkantor di kota itu.

"Kemampuan Dubai dalam menyediakan kondisi berorientasi pada pertumbuhan untuk startup teknologi, tervalidasi dengan fakta bahwa salah satu perusahaan tersukses di dunia seperti Telegram memilih beroperasi di sini," kata Sheikh Hamdan.

Ia pun menyatakan Dubai terbuka menerima talenta teknologi berbakat dari seluruh dunia. Durov pun memuji perkembangan Dubai sebagai pusat perusahaan teknologi.

"Ekosistem startup, infrastruktur yang maju dan aturan yang ramah bisnis yang ditawarkan oleh Dubai telah menjadikannya hub bagi talenta dan entrepreneur dari seluruh dunia yang ingin menjadi global," kata dia.

Dikutip detikINET dari Khaleej Times, Senin (8/2/2021), berbagai startup teknologi besar memang telah muncul dari Dubai. Contohnya Careem, Souq.com, Media.Net, Anghami sampai Wrappup.

Durov sendiri memulai operasional Telegram di sebuah kantor kecil di Berlin, Jerman. Namun staf Telegram kemudian sering bekerja berpindah-pindah. Kadang menyewa rumah atau apartemen (sebagian besar dari Airbnb) sebagai kantor, dan akan berpindah setelah beberapa minggu atau bulan. Kini, mereka tampaknya sudah betah di Dubai.



Simak Video "Gaet Jutaan User Baru, CEO Telegram: Migrasi Digital Terbesar"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)