CEO Reddit: Mark Zuckerberg dan Facebook Tak Perlu Diatur

CEO Reddit: Mark Zuckerberg dan Facebook Tak Perlu Diatur

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 22:36 WIB
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg. Foto: shutterstock
Jakarta -

Kencang suara di Amerika Serikat agar Facebook milik Mark Zuckerberg atau Twitter diatur dengan regulasi pemerintah agar tidak marak hoax bertebaran. CEO Reddit, Steve Hoffman, berpendapat hal itu tidak perlu dilakukan. Kenapa?

Menurut Steve, raksasa teknologi semacam Facebook dan Twitter tidak perlu diatur lantaran sosok yang memimpinnya mengetahui etika dan akan membuat perubahan yang diperlukan tanpa campur tangan pemerintah.

Dia memuji CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Twitter, Jack Dorsey yang diyakininya selalu berusaha melakukan hal yang baik bagi semua pihak, terutama para pengguna.

"Saya pikir mereka adalah orang yang didorong oleh value, Anda bisa melihatnya ketika mereka bicara. Dan saya pikir mereka pada akhirnya mencoba melakukan hal yang benar bagi user dan konsumennya, meski sangat sulit, meski mereka belum tahu jawabannya," papar dia.

Ia menyebut keputusan untuk memblokir akun Donald Trump karena dianggap memicu kerusuhan di Gedung Capitol merupakan langkah yang tepat. Hoffman pun menilai media sosial tidak diam saja jika ada permasalahan.

"Kita semua belajar, kita semua menjadi lebih baik, membuat perkembangan. Apapun perubahan di sisi regulasi, perkembangan yang nyata adalah terpisah dari hal itu," kata Hoffman yang dikutip detikINET dari Daily Mail, Jumat (5/2/2012).

Akan tetapi bisa jadi Hoffman menentang regulasi pada medsos karena ada kemungkinan Reddit juga bisa kena. Sebagai forum terbuka, banyak topik kontroversial yang dibicarakan oleh user di sana.

Adapun Facebook dan Mark Zuckerberg memang belakangan jadi sorotan lantaran dinilai belum cukup bertindak mengatasi misinformasi di situsnya. Bahkan ada kemungkinan aturan yang melindungi Facebook sehingga tak perlu bertanggung jawab atas postingan user akan diubah di era pemerintahan Presiden Joe Biden.



Simak Video "Mark Zuckerberg Habiskan Rp 336 Miliar untuk Keamanan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)