5 Game Edukasi untuk Temani Anak Belajar di Rumah

5 Game Edukasi untuk Temani Anak Belajar di Rumah

Puti Yasmin - detikInet
Senin, 01 Feb 2021 22:10 WIB
Asian kindergarten school girl with mother video conference e-learning with teacher on laptop in living room at home. Homeschooling and distance learning ,online ,education and internet.
5 Game Edukasi untuk Temani Anak Belajar di Rumah (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat aktivitas belajar dan mengajar dilakukan secara virtual. Rasa jenuh pada anak tentu tak bisa dihindari. Namun, ada sejumlah game edukasi yang bisa membantu mengurangi rasa bosan anak.

Memainkan game edukasi memiliki banyak manfaat. Sebab tak hanya menghibur, anak-anak juga mendapatkan edukasi atau informasi yang dibutuhkan sesuai usianya.

Menurut dokter anak di Canadian Pediatric Society, Michelle Ponti bermain game bisa membuat anak memiliki rasa kompetensi, koneksi, dan otonomi yang meningkatkan harga dirinya.

"Game dapat memberi anak-anak rasa kompetensi, koneksi, dan otonomi yang benar-benar meningkatkan harga diri mereka. Apa yang tampak seperti buang-buang waktu bagi orang tua bisa jadi cara anak belajar keterampilan hidup, termasuk pemecahan masalah dan cara mengontrol perilaku," ujar dia dikutip dari Today's Parent, Senin (1/2/2021).

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan game edukasi gratis, Edugame Rumah Belajar. Permainan ini tersedia di situs resmi Kemdikbud.

Ada banyak permainan yang bisa dicoba di Edugame Rumah Belajar. Game ini dirancang agar anak bisa bermain penuh dengan interaktif sehingga bisa dimainkan sendiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua.

Adapun, salah satu game edukasi online yang bisa dicoba adalah MonDik Plant, Finding Hidrokarbon, Journey of Ecosystem, hingga Petualangan Antariksa. Game edukasi anak SD ini bisa dimainkan melalui PC maupun HP.

Nah, apa saja daftar game edukasi gratis yang bisa dicoba? Baca DI SINI informasinya.



Simak Video "Pendidikan Pra Sekolah Untuk Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)