Mau Gabung Klubnya Orang Genius Mensa Indonesia? Ini Syaratnya

Mau Gabung Klubnya Orang Genius Mensa Indonesia? Ini Syaratnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 29 Jan 2021 09:35 WIB
https://www.instagram.com/p/Bz5scl-hHVR/
Foto: Instagram/@Mensa_Indonesia
Jakarta -

Mensa dikenal sebagai organisasi perkumpulan orang genius dan terdapat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tak sembarangan, tes kecerdasan dilakukan untuk memenuhi kriteria sebagai orang dengan skor 2% teratas dari populasi umum berdasar hasil ujian tersebut.

Lantas, apa syaratnya jika ingin bergabung dengan klub elit ini? Apakah ketentuan yang diberikan sangat sulit?

"Untuk masuk ke organisasi kami, hanya perlu mengikuti test yang kami adakan. Jika lolos test, Anda berhak mengikuti organisasi," jelas Mensa Indonesia kepada detikINET, Jumat (29/1/2021), melalui pesan singkat.

Untuk test yang diadakan Mensa Indonesia, test ini mengikuti standar dari Mensa International khusus test Mensa for non speaking English country. Nantinya, jawaban peserta akan dikirimkan Inggris untuk penilaian lebih lanjut.

"Jadi kita hanya ngetest saja. Tapi yang memeriksa masih dari Mensa International berbasis di Inggris," jelasnya.

Selama berdiri, Mensa Indonesia dimasuki oleh orang-orang dari latar belakang yang beragam. Termasuk juga masalah usia. Bahkan, member Mensa Indonesia termuda merupakan seorang remaja berusia 14 tahun.

Nah, buat detikers yang tertarik bergabung dan menjajal tes yang diberikan Mensa, dalam waktu dekat yakni 30 Januari 2021, Mensa Indonesia akan menggelar test di daerah Serpong, Tangerang pukul 10.00 WIB. Biaya yang digelontorkan untuk mengikuti test seleksi masuk Mensa Indonesia berkisar antara Rp 200.000 - Rp 250.000 untuk on the spot jika ada slot.

Jadi, begitu cara mendaftar ke organisasi Mensa Indonesia. Kira-kira apakah ada salah satu di antara detikers yang pernah ikut tes dari Mensa Indonesia atau justru termasuk anggotanya? Tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar, ya.



Simak Video "Agnez Mo dan Maudy Ayunda Dilirik Grup Orang Jenius Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)