WhatsApp Cari Gara-gara Berujung Blunder - Halaman 3

Blunder WhatsApp

WhatsApp Cari Gara-gara Berujung Blunder

Tim - detikInet
Sabtu, 23 Jan 2021 07:15 WIB
Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Akibat Masalah Privasi Data
Aplikasi WhatsApp. Foto: DW (News)

WhatsApp tunda aturan privasi baru

Aturan privasi baru yang akan diterapkan WhatsApp membuat perusahaan di bawah Facebook ini banjir kritikan dan bikin sebagian user eksodus ke aplikasi pesaing, terutama Signal dan Telegram. WhatsApp pun menarik rem darurat.

Pada awalnya, implementasi kebijakan baru itu akan dilakukan pada tanggal 8 Februari, di mana user harus menyetujuinya atau tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Namun kini, WhatsApp memutuskan menundanya selama 3 bulan sampai 15 Mei. Jadi pengguna memiliki perpanjangan waktu untuk meninjau dan menerima pembaruan ini, dan tidak akan ada akun yang dihapus pada 8 Februari.

"Kami mendengar dari banyak orang tentang banyaknya kebingungan terkait update terbaru kami. Ada banyak misinformasi yang menyebabkan kecemasan dan kami ingin membantu setiap orang memahami prinsip kami dan faktanya," tulis WhatsApp di blognya.

WhatsApp mungkin tak menyangka bahwa aturan itu akan menuai kontroversi yang begitu besar. Sampai-sampai beberapa langkah mitigasi dilakukan oleh WhatsApp. Mereka beriklan besar-besaran antara lain di India agar user WhatsApp tidak pindah ke lain hati.

Bos WhatsApp Will Cathcart juga turun tangan. Dalam wawancara dengan Times of India, Cathcart mengakui bahwa komunikasi yang dilakukan WhatsApp tentang perubahan kebijakan ini membuat pengguna bingung. Ia juga menanggapi banyaknya pengguna WhatsApp yang pindah ke platform lain seperti Signal dan Telegram.

"Kami tahu bahwa kami harus bersaing untuk kepercayaan pengguna menyangkut privasi, dan kami pikir pada akhirnya ini adalah hal yang baik untuk dunia, untuk orang-orang memiliki pilihan," kata Cathcart.

(fyk/fay)