Seperti Jokowi, Menkominfo Divaksin COVID-19 Sinovac

Seperti Jokowi, Menkominfo Divaksin COVID-19 Sinovac

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 17:51 WIB
Menkominfo Johnny G Plate disuntik vaksinasi COVID-19 buatan Sinovac.
Menkominfo Johnny G Plate divaksin COVID-19 Sinovac (Foto: Kominfo)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate telah disuntik vaksin COVID-19 yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Menggunakan kemeja biru yang dipadu dengan celana berwarna cream, tenaga kesehatan (nakes) di RSPAD Gatot Soebroto menyuntikan vaksin Corona buatan Sinovac ke dalam tubuh Menkominfo.

Kepada detikINET, Rabu (20/1/2021) Johnny mengatakan proses penyuntikan tersebut berjalan dengan lancar dan tidak terdapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Aman-aman saja," ucapnya.

Vaksinasi COVID-19 yang dikembangkan Sinovac itu juga yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Biasa saja tidak ada efek berarti. Satu jam setelah vaksinasi, saya langsung mengadakan rapat koordinasi dengan Menparekraf dan tim di kantor Kominfo. Sampai hari ini kondisi kesehatan setelah vaksinasi berjalan normal," kata Johnny menceritakan terkait efek setelah disuntik vaksin Corona.

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama sudah dilakukan sejak 15 Januari 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua juga dilakukan mulai Januari sampai April 2021. Namun sasaran pada tahap kedua ini petugas pelayan publik, yaitu TNI, Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik lainnya, meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal.

Selain aparat penegak hukum, petugas perbankan milik negara menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua. Pada tahap kedua ini, vaksinasi juga menyasar ke masyarakat dengan usia lanjut.

Untuk vaksin Corona tahap ketiga sasarannya adalah masyarakat umum yang rentan jika dilihat dari sejumlah aspek. Sementara tahap keempat akan menyasar salah satunya ke pelaku perekonomian.

Kendati begitu, pemerintah mengingatkan bahwa protokol disiplin tetap harus dilakukan secara ketat. Juru bicara dr Reisa Broto Asmoro menegaskan penerapan protokol kesehatan harus dilakukan meskipun sudah disuntik vaksin.



Simak Video "Ribuan Babinsa di Solo Jalani Vaksinasi Covid-19 Serentak"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)