Hilang Misterius, Jack Ma Ditahan Pemerintah China?

Hilang Misterius, Jack Ma Ditahan Pemerintah China?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 12:18 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 29: Jack Ma, Executive Chairman of Alibaba Group smiles on stage at the closing session of the Clinton Global Initiative 2015 on September 29, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images)
Jack Ma. Foto: GettyImages
Beijing -

Belum munculnya Jack Ma selama dua bulan menjadi obyek spekulasi para pengamat. Selama ini, bisa dibilang dia senang berbicara dan tampil di depan umum. Apakah dia ditahan oleh pemerintah China, sekadar diminta diam atau lainnya?

Sudah cukup banyak pebisnis ditahan di China, termasuk nama-nama terkenal karena dituding berbuat kriminal. Namun sejauh ini, Jack Ma sepertinya masih dalam keadaan bebas.

"Tidak ada bukti bahwa Jack Ma telah ditahan dan mereka sungguh tidak punya alasan untuk menahannya," kata Jeffrey Halley, analis pasar di biro riset Oanda yang dikutip detikINET dari Fortune, Rabu (6/1/2021).

Ia menilai saat ini, Jack Ma diminta bungkam dan tidak bersuara dulu di depan publik. "Jack Ma mungkin sukarela memilih sangat low profile dulu sembari dia membiarkan orang-orang yang bekerja dengannya, bekerja dengan regulator untuk mencapai kesimpulan yang bisa diterima," tambahnya.

Bagaimanapun, Jack Ma adalah sosok yang dinilai paling ikonik dan banyak membantu pemerintah China selama ini. Mungkin saja untuk sementara, dia diminta jangan banyak berbicara terlebih dahulu sampai masalah yang menimpa perusahaannya terselesaikan.

"Saya pikir Jack Ma diberitahu untuk diam dulu. Ini adalah situasi yang cukup unik, berhubungan dengan skala besar perusahaan Ant dan regulasi finansial yang sensitif," kata Duncan Clark, teman dan konsultan Alibaba saat awal berdirinya.

Pendapat senada disampaikan oleh Martin Chorzhempa dari Peterson Institute for International Economics, bahwa Jack Ma tidak akan tampil dulu. "Anda tidak ingin berada di pandangan publik ketika perusahaan Anda berada dalam situasi politik yang sangat kompleks," kata dia.

Ant Financial dan Alibaba, dua perusahaan yang didirikan Jack Ma, sedang diinvestigasi resmi oleh pemerintah China terkait kasus monopoli dan masalah lainnya. Jelas bahwa pemerintah China tidak ingin bisnis swasta semacam dua perusahaan itu menjadi tidak terkendali lagi.



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)