Viral Chip 5G di Vaksin COVID-19, Ternyata Pedal Gitar

Viral Chip 5G di Vaksin COVID-19, Ternyata Pedal Gitar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 06:40 WIB
vaksin
Viral Chip 5G di Vaksin COVID-19, Ternyata Pedal Gitar Foto: shutterstock
Jakarta -

Hoax dan teori konspirasi seputar vaksin COVID-19 sepertinya makin kreatif saja. Baru-baru ini sebuah diagram yang diklaim menunjukkan cara kerja chip 5G yang ada di dalam vaksin virus Corona viral di media sosial.

Diagram tersebut pertama kali diunggah pengguna Twitter bernama Mario Fusco yang mengatakan diagram ini banyak dibagikan oleh pengguna internet di Italia. Dari screenshot yang ia unggah, terdapat tautan yang mengarah ke situs anonim bernama Telegraph.

Tapi diagram tersebut bukan untuk chip yang bisa digunakan untuk mengontrol pikiran orang atau semacamnya. Fusco mengatakan skema untuk pedal gitar.

"Realitanya, ini adalah sirkuit elektrik pedal gitar dan saya yakin menaruhnya di vaksin covid adalah ide yang luar biasa," kelakar Fusco dalam cuitannya, seperti dikutip dari Mashable, Rabu (6/1/2021).

Diagram ini ternyata merupakan skema untuk pedal Boss Metal Zone MT-2, yang biasa digunakan gitaris untuk menambah efek dan distorsi pada suara gitar.

Gambar tersebut telah diedit untuk menambahkan tulisan 'COVID-19 5G CHIP DIAGRAM' dan '5G frequency'. Padahal frekuensi 5G berbeda tergantung pada spektrum radionya.

Tapi siapapun yang mengedit gambar tersebut tidak cukup jeli untuk menghilangkan istilah-istilah seperti 'bass', 'treble', 'volume', 'footswitch', dan lain-lain yang tidak memiliki hubungan dengan 5G, COVID-19, ataupun vaksin.

Pengguna Twitter lainnya pun mengolok-olok teori konspirasi yang konyol dan tidak masuk akal ini.

Peluncuran 5G di beberapa negara yang berdekatan dengan merebaknya pandemi COVID-19 menjadi lahan yang subur bagi para pencetus teori konspirasi. Banyak pihak yang mengklaim keduanya berhubungan, padahal sudah banyak otoritas yang membantahnya.

Tapi teori konspirasi ini tetap menyebar. Bahkan di beberapa negara banyak yang menentang jaringan 5G, hingga ada yang sampai membakar tower 5G.



Simak Video "Sederet Spesifikasi Ponsel yang Akan Berubah Jika 5G Datang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)