Jack Ma Menghilang, Netizen Mulai Cemas

Jack Ma Menghilang, Netizen Mulai Cemas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 04 Jan 2021 21:15 WIB
China Perintahkan Jack Ma untuk Rombak Bisnis Ant Group (Getty Images/AFP/P. Lopez)
Jack Ma. Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez
Jakarta -

Jack Ma tidak diketahui kabar pastinya setelah mengkritik sistem keuangan China. Netizen pun mulai merasa cemas. Terbukti nama Jack Ma bertengger di papan atas trending topic dengan lebih dari 40 ribu cuitan sudah dilayangkan. Media di mancanegara juga sudah ramai mengabarkannya.

"Seorang pria kaya dengan harta USD 60 miliar tiba-tiba menghilang," begitu tulis seorang netizen. "Apakah ada yang tahu di mana Jack Ma? Rumornya ia menghilang setelah mengkritik pemerintah China," tulis yang lain.

"Di manakah Jack Ma? Cara pandangnya telah membantu karir saya dalam banyak hal," tulis seorang netizen yang merasa terbantu dengan nasihat-nasihat Jack Ma seputar bisnis dan pekerjaan.

"Tak ada yang perlu dikhawatirkan. Jack Ma sedang diedukasi untuk memahami lagi cara berbisnis di China," sebut netizen yang berikutnya. "Padahal dia berkontribusi mendukung China, tapi hanya satu kritikan dan dia menghilang," cetus yang lain.

Terakhir kali Jack Ma muncul di hadapan publik adalah saat berpidato di Shanghai, di mana dia mengkritik sistem finansial China sudah usang, di depan pemerintah. Akun Twitter-nya yang biasanya cukup aktif juga sudah cukup lama tidak ada postingan.

Pidato itu berbuntut panjang. Empat pejabat dari regulator finansial China pada bulan November menyatakan mereka memanggil Jack Ma dan dua eksekutif top Ant. Mereka merekomendasikan regulasi yang lebih ketat pada perusahaan peminjam. IPO Ant juga telah dibatalkan.

CGTN, media yang selama ini jadi corong pemerintah China, beberapa waktu lalu membenarkan bahwa awal mula permasalahan adalah ketika Jack Ma pidato mengkritik sistem keuangan di China sudah usang. "Beberapa hari kemudian, regulator keuangan termasuk bank sentral memanggil Jack Ma dan dua eksekutif top Ant," tulis mereka.

Kabar terbaru, Jack Ma juga tidak tampak di acara reality show televisi yang dibintanginya. 'Jack Ma disappears from his own talent show', begitu judul di media keuangan Financial Times.

Jadi, Anda dimana Jack Ma?



Simak Video "Jack Ma yang Kalem di Kemunculan Perdananya Usai Menghilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)