Video Instagram dan TikTok Akan Nongol di Hasil Pencarian Google

Video Instagram dan TikTok Akan Nongol di Hasil Pencarian Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 30 Des 2020 12:50 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Google Akan Tampilkan Video Instagram dan TikTok di Hasil Pencarian Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Google sedang menguji coba fitur baru yang akan menampilkan video Instagram dan TikTok di hasil pencarian di aplikasi Google. Video-video ini akan ditampilkan di carousel khusus bernama 'Short Videos'.

Fitur ini merupakan perluasan dari uji coba yang diluncurkan awal tahun ini, di mana Google mengenalkan carousel Short Videos di Google Discover - feed khusus yang bisa diakses di aplikasi mobile Google atau di halaman utama beberapa perangkat Android.

Sebelumnya fitur ini hanya menampilkan video pendek dari platform seperti YouTube, Tangi, dan Trell. Tapi fitur ini kemudian diperluas dengan menambahkan video dari Instagram dan TikTok.

Dikutip dari TechCrunch, Rabu (30/12/2020) saat mencari kata kunci 'packers' di aplikasi Google, carousel video pendek ini akan muncul setelah scrolling melewati kotak Google Knowledge Base.

Google tampilkan video Instagram dan TikTok di hasil pencarianVideo Instagram dan TikTok di hasil pencarian Google Foto: TechCrunch

Video Instagram dan TikTok tersedia di baris Short Videos. Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke halaman web platform media sosial, bukan aplikasi mobile-nya meski aplikasi itu sudah terpasang di ponsel.

Sepertinya Google ingin fitur ini membuat penggunanya bisa berlama-lama di platform-nya, karena hanya dengan menyentuh tombol back pengguna bisa kembali ke hasil pencarian setelah menonton video.

Google tidak mengomentari atau memberikan detail lebih jauh tentang uji coba ini. Tapi juru bicara Google mengonfirmasi bahwa fitur ini masih dalam tahap 'pilot' di perangkat mobile.

Artinya fitur ini masih terbatas dan dalam tahap awal, jadi tidak semua hasil pencarian kueri akan menampilkan video Instagram dan TikTok. Saat ini fitur tersebut baru tersedia secara terbatas di aplikasi Google untuk perangkat mobile dan di situs mobile.



Simak Video "Google Photos Bakal Setop Layanan Penyimpanan Unlimited "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)