Viral Video Anak Gajah Hidup Lagi Usai Tertabrak Motor

Viral Video Anak Gajah Hidup Lagi Usai Tertabrak Motor

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Des 2020 16:20 WIB
Seekor anak gajah berhasil selamat dari kecelakaan maut (tabrakan dengan sepeda motor) setelah seorang petugas penyelamat memberikannya CPR.
Seekor anak gajah hidup lagi usai tabrakan dengan sepeda motor setelah diberi CPR. Foto: Reuters
Jakarta -

Beredar video viral tentang bayi gajah yang tertabrak motor, lalu bisa hidup lagi. Begini ceritanya...

Sudah 26 tahun menjadi petugas penyelamat, Mana Srivate di Thailand pun telah melakukan banyak upaya resusitasi, tetapi tidak satu pun dari upaya tersebut dilakukan untuk seekor gajah.

Kali ini berbeda. Pertama kalinya, Mana terpanggil saat tidak bertugas dalam perjalanan darat pada Minggu malam untuk beraksi menolong seekor bayi gajah. Bayi gajah itu tertabrak sepeda motor saat menyeberang jalan dengan sekelompok hewan berkulit tebal itu lainnya di provinsi timur Chanthaburi.

Seseorang merekam usahanya untuk menjaga hewan itu tetap hidup. Dalam video yang menjadi viral di Thailand, Mana terlihat memberikan kompresi dua tangan kepada gajah kecil yang berbaring miring sementara rekannya berjarak beberapa meter merawat seorang pengendara sepeda motor yang linglung dan terluka di tanah.

Dikutip dari Bored Panda, video ini viral dan mendapatkan apresiasi dari banyak orang. Pujian terlontar dari netizen karena kebaikan hati Mana. Mana melakukan pertolongan berdasarkan logika ilmiah mengenai anatomi tubuh terkait dengan posisi jantung pada gajah.

"Aku berasumsi di mana letak jantung gajah berdasarkan teori manusia dan video yang aku lihat secara online," katanya kepada Reuters.

"Itu instingku untuk menyelamatkan nyawa, tapi aku khawatir sepanjang waktu karena aku bisa mendengar ibu dan gajah lain memanggil sang bayi," sambungnya.

Mana mengaku sangat terharu begitu melihat bayi gajah itu bereaksi usai diberikan cardiopulmonary resuscitation (CPR). Dia bahkan hampir menangis.

Bayi gajah itu berdiri setelah sekitar 10 menit dan dibawa ke lokasi lain untuk dirawat. Ia kemudian dikembalikan ke lokasi kecelakaan dengan harapan bisa dipertemukan kembali dengan ibunya. Beruntung, Mana mengatakan rombongan gajah itu segera kembali ketika ibunya mendengar bayinya memanggil.

Ini dia video penyelamatannya yang viral:

[Gambas:Youtube]

(ask/fay)