Apple Car Diprediksi Meluncur Paling Cepat Tahun 2025

Apple Car Diprediksi Meluncur Paling Cepat Tahun 2025

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Des 2020 15:10 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Apple Car Diprediksi Meluncur Paling Cepat Tahun 2025 (Foto: Jason Lee/Reuters)
Jakarta -

Belum lama ini Reuters melaporkan Apple berencana meluncurkan mobil listrik otonom pada tahun 2024. Tapi menurut analis dari TF International Ming-Chi Kuo, Apple Car kemungkinan paling cepat baru akan meluncur tahun 2025-2027.

Dalam catatan penelitiannya, Kuo mengatakan spesifikasi Apple Car masih belum final. Ia juga menambahkan ada kemungkinan jadwal peluncuran mobil ini akan diundur hingga tahun 2028 atau setelahnya.

"Karena perubahan di pasar EV/self-driving dan standar kualitas Apple yang tinggi, kami tidak akan terkejut jika jadwal peluncuran Apple Car diundur ke 2028 atau setelahnya," kata Kuo, seperti dikutip detikINET dari MacRumors, Senin (28/12/2020).

Kuo mengatakan sejak rumor ini beredar pasar menjadi terlalu optimis dengan jadwal peluncuran Apple Car. Ia pun mengimbau investor untuk tidak membeli saham terkait Apple Car untuk saat ini.

Kuo tidak meragukan bisnis mobil Apple akan sukses, tapi ia tidak yakin akan sekompetitif apa produsen iPhone ini di pasar mobil listrik/otonom karena sudah tertinggal cukup jauh di bidang deep learning atau kecerdasan buatan.

"Jika Apple Car ingin sukses di masa depan, faktor sukses kuncinya adalah big data/AI, bukan hardware," kata Kuo.

"Salah satu kekhawatiran terbesar kami tentang Apple Car adalah ketika Apple Car diluncurkan, merek mobil otonom saat ini sudah mengumpulkan setidaknya big data selama lima tahun dan kondusif untuk deep learning/AI. Bagaimana Apple, pendatang terlambat, mengatasi kesenjangan ini," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Reuters melaporkan mobil otonom Apple akan menggunakan desain baterai 'monocell' yang lebih irit tempat dan bisa meningkatkan jarak tempuh kendaraan dalam sekali pengisian.

CEO Tesla Elon Musk baru-baru ini juga merespon rumor Apple Car di Twitter. Ia mengklaim bahwa teknologi baterai monocell merupakan sesuatu yang secara elektrokimia tidak mungkin.

Musk juga mengungkap bahwa saat produksi Model 3 sedang terpuruk, ia sempat ingin menjual Tesla ke Apple. Tapi CEO Apple Tim Cook menolak bertemu untuk membahas hal tersebut.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)