Google Ungkap Penyebab Layanannya Down

Google Ungkap Penyebab Layanannya Down

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Des 2020 06:44 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Google Ungkap Penyebab Layanannya Down. Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Google mengungkap penyebab layanannya down secara global. Sang raksasa internet mengonfirmasi adanya gangguan yang berdampak pada Gmail, Youtube, hingga Google Search di berbagai negara.

"Pemadaman layanan terjadi sejak pukul 3:47 pagi PT dan berlangsung sekitar 45 menit. Gangguan ini tidak disebabkan oleh serangan cyber melainkan masalah kuota penyimpanan internal. Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan yang tinggi selama periode ini," kata juru bicara Google seperti dikutip dari Cnet.

"Saat ini semua layanan telah pulih. Kami meminta maaf kepada semua orang yang terkena dampak, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut yang menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang kembali di masa mendatang," sambung Google.

Insiden Google down membuat seluruh dunia kelabakan. Tak hanya bagi Google, tetapi para penggunanya secara global, mulai dari pekerja, pelajar dan pebisnis yang mengandalkan layanan Google, terdampak gangguan ini.

Gangguan merata menimpa hampir semua layanan Google, mulai dari YouTube, Gmail, Play Store, Google Maps, Google Search, hingga Google Drive, terpantau sulit diakses oleh sebagian besar netizen.

Ini adalah hari ketika orang-orang bahkan tidak bisa googling: apa yang terjadi dengan Google. Hashtag #GoogleDown dan #YouTubeDown bahkan sampai menjadi tren di Twitter. Di media sosial tersebut, para pengguna mengeluh tidak dapat melakukan pekerjaan mereka, menyelesaikan tugas, atau memenuhi target pekerjaan.



Simak Video "Layanan Google Tumbang, Gmail hingga YouTube!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)