Pengumuman, Pengguna Komputer Disarankan Hapus Flash Player

Pengumuman, Pengguna Komputer Disarankan Hapus Flash Player

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 14 Des 2020 12:55 WIB
Adobe Flash
Adobe Flash Player. Foto: Istimewa
Jakarta -

Adobe memberikan pembaruan terakhir untuk Flash Player dan menyatakan kalau aplikasi tersebut tak lagi bisa dipakai mulai 12 Januari.

"Hari ini menandai pembaruan terakhir Flash Player untuk semua negara di luar China Daratan. Adobe tak lagi mendukung Flash Player setelah 31 Desember 2020, dan Adobe akan memblokir konten Flash untuk berjalan di Flash Player mulai 12 Januari 2021," tulis Adobe dalam pernyataannya.

Berarti ini adalah ucapan selamat tinggal terakhir Adobe untuk Flash Player, setelah beroperasi selama 24 tahun, demikian dikutip detikINET dari Computerworld, Senin (14/12/2020).

Pihak Adobe pun berharap agar pengguna yang masih memasang Flash Player di komputer mereka segera uninstal dari sistem maupun browser terkait faktor keamanan.

Flash sendiri adalah salah satu alat utama yang mentransformasi konten di internet, dari sekadar teks menjadi multimedia. Namun dalam pengembangannya, semakin banyak standar lain yang lebih baik dan lebih aman ketimbang Flash, seperti HTML5, WebGL, dan WebAssembly.

Adobe sebenarnya sudah mengumumkan rencananya untuk mempensiunkan Flash sejak pertengahan 2017 lalu. Saat itu Adobe menganggap evolusi dan semakin dewasanya berbagai standar seperti HTML5, WebGL, dan WebAssembly sebagai alasan utama Flash tak lagi dibutuhkan.

"(Standar tersebut) memberikan banyak kapabilitas dan fungsi yang sebelumnya dimulai oleh plugin ini (Flash) dan semakin banyak alternatif yang lebih baik untuk konten di web," tulis Adobe saat itu.

Namun yang tak disebutkan oleh Adobe saat itu adalah celah keamanan yang terbuka lebar lewat Flash, dan menjadi masalah besar saat itu. Celah yang terus menerus ditambal namun tetap menjadi masalah zero days paling buruk dalam sejarah.

Para pembuat browser seperti Apple, Google, Microsoft dan Mozilla sendiri sudah mengumumkan rencananya sendiri untuk mengakhiri dukungan mereka terhadap Flash pada Juli 2017. Namun rencana itu sendiri bukan tanpa hambatan, karena sangat banyak pembuat situs yang terlanjur membuat konten berbasis Flash.

Bahkan, jauh sebelum Adobe mengumumkan masa pensiun Flash, mereka sudah mengganti nama aplikasi pembuat animasinya, menjadi Animate CC yang sebelumnya bernama Flash Professional CC, yaitu pada akhir 2015. Meski memang, saat itu mereka masih mendukung developer dan pembuat konten yang memakai Flash.



Simak Video "Ninja Saga Pamit dari Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)