35 Tahun Microsoft Windows, Begini Sejarahnya - Halaman 2

35 Tahun Microsoft Windows, Begini Sejarahnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 22 Nov 2020 10:19 WIB
Logo Microsoft
Foto: Getty Images

Windows Vista memang menawarkan sesuatu yang baru, seperti tampilan antarmuka yang jauh berbeda dibanding XP, juga peningkatan sistem keamanannya. Namun Windows ini gagal di pasaran. Salah satunya karena mereka masih menjalankan barisan kode jadul yang sudah dipakai selama 15 tahun ke belakang di Windows NT.

Ada anekdot menarik terkait Windows keluaran Microsoft saat itu. Microsoft biasanya punya produk yang gagal di pasaran setelah mereka punya satu produk yang sukses. Dalam hal ini adalah Windows XP yang sukses, dan Windows Vista yang gagal.

Hal ini kembali terjadi pada 2009 saat Windows 7 dirilis. OS ini menawarkan pengalaman layaknya Windows XP namun dengan tampilan Windows Vista. Barisan kode tak berguna dibuang, yang membuat Windows ini lebih gegas. Windows 7 pun sukses di pasaran.

Kesuksesan Windows di ranah PC tak serta merta membuat mereka bisa mudah masuk ke pasar perangkat mobile. Dari mulai Windows Mobile, yang kemudian diteruskan oleh Windows Phone gagal di pasaran.

Padahal, Microsoft terlihat sudah mengeluarkan segenap usahanya untuk mempopulerkan OS-nya itu agar tak kalah dibanding Android dan iOS. Mereka sampai mengakuisisi Nokia, pabrikan ponsel yang -- dulunya -- enggan membuat produk berbasis Android, dan hanya membuat OS mobile buatan Microsoft.

Pada akhirnya memang Microsoft 'menyerah', mematikan Windows Phone, mengalihkan sumber daya -- termasuk yang berasal dari akuisisi terhadap Nokia --. Microsoft kemudian menggaet Android dsebagai rekanannya, dan merilis Android pertamanya beberapa bulan lalu, yaitu Surface Duo.



Simak Video "Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)