Situs Streaming Anime Ini Mau Diakuisisi Sony

Situs Streaming Anime Ini Mau Diakuisisi Sony

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 22:30 WIB
Crunchyroll
Foto: Dok. Crunchyroll
Jakarta -

Sony disebut segera menyelesaikan situs streaming anime asal Amerika Serikat bernama Crunchyroll senilai hampir USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,5 triliun.

Saat ini Sony disebut tengah bernegosiasi untuk mendapatkan hak eksklusif untuk mengakuisisi layanan streaming tersebut, lengkap dengan 3 juta pelanggan berbayarnya. Sementara ada dua perusahaan lain yang sudah memasuki negosiasi tahap final.

Dilansir Nikkei, nilai akuisisi tersebut memang belum diungkap, namun Sony tampaknya akan mengeluarkan lebih dari 100 miliar yen, atau sektar USD 957 juta.

Crunchyroll saat ini dimiliki raksasa telko AS, yaitu AT&T, yang disebut tengah mengurangi jumlah layanan streaming miliknya. Tujuannya adalah untuk mengurangi utang mereka, yang saat ini sudah mencapai lebih dari USD 150 miliar.

AT&T disebut meminta Sony untuk membeli Crunchyroll senilai USD 1,5 miliar pada Agustus lalu. Namun Sony saat itu menyebut harganya terlalu tinggi.

Saat ini, sejumlah konten anime dari Crunchyroll dimasukkan ke dalam layanan HBO Max, dan AT&T menawarkan layanan berlangganan terpisah untuk situs streaming anime tersebut seharga USD 8 tiap bulannya.

Bagi Sony, akuisisi Crunchyroll ini akan memperkaya penawaran mereka di ranah hiburan, utamanya untuk bersaing dengan layanan seperti Netflix dan Hulu yang mendominasi pasar. Padahal, Sony sendiri saat ini sudah memiliki Funimation, layanan streaming anime yang punya lisensi anime seperti One Piece, Attack on Titan, dan Fullmetal Achemist.

Namun dengan Crunchyroll, katalog anime mereka tentu akan semakin besar, dan tentunya punya kesempatan untuk mengekspansi layanan streaming anime di Jepang dan negara lainnya.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)