Microsoft Kembangkan Kain Cerdas untuk Deteksi Jenis Makanan

Microsoft Kembangkan Kain Cerdas untuk Deteksi Jenis Makanan

Josina - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 14:10 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Microsoft Kembangkan Kain Cerdas untuk Deteksi Jenis Makanan (Foto: Drew Angerer/Getty Images)
Jakarta -

Microsoft dan peneliti di beberapa universitas dilaporkan telah mengembangkan sistem kain pintar yang dinamai Capacitivo. Kain ini disebut dapat mendeteksi dan mengenali objek yang diletakkan di atas kain tersebut.

Artinya bahwa dengan meletakkan makanan, maka kain tersebut akan dapat mengetahui jenis makanan tersebut dan bahkan mungkin dapat memberikan saran hidangan yang cocok dengan makanan tersebut.

Kain ini juga dapat merencanakan program diet. Selain makanan, Capacitivo juga dapat mendeteksi benda-benda seperti cairan atau benda non-logam.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Senin (26/10/2020) menurut Microsoft berdasarkan studi kecil 10 orang, mereka melibatkan penggunaan 20 objek yang berbeda. Hasilnya Capacitivo berhasil mencapai tingkat akurasi sebesar 94,5%.

Angka tersebut tentu cukup mengesankan, meski studi kecil tidak selalu menunjukkan keberhasilannya dalam mengidentifikasi semua jenis objek, meskipun tes inisial tampaknya bagus.

Karena itu, ini adalah pengembangan yang menarik dan belum diketahui bagaimana rencana Microsoft dengan hasil penelitian ini. Selain Microsoft, perusahaan seperti Google juga mencoba pakaian dan kain pintar yakni Project Jacquard.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)