Tokopedia Salam Dukung UMKM Go Digital dengan Sertifikasi Halal

Tokopedia Salam Dukung UMKM Go Digital dengan Sertifikasi Halal

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 22 Okt 2020 12:47 WIB
Tokopedia
Foto: istimewa
Jakarta -

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, juga Kementerian Agama telah meresmikan program pelatihan digitalisasi pemasaran dan manajemen produk halal bagi UMKM.

Program ini menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan beberapa platform digital berbasis syariah seperti Tokopedia Salam, LinkAja Syariah, Blibli Hasanah dan Bukalapak.

Pelatihan pemasaran digital dan manajemen produk yang digagas Tokopedia bersama platform digital lainnya ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Indonesia, khususnya UMKM berbasis produk halal.

Pelatihan tersebut mengikutsertakan UMKM binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, unit usaha pesantren di bawah Kementerian Agama, serta UMKM binaan organisasi masyarakat seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, serta Persatuan Islam (Persis) sebagai penerima manfaat.

Nantinya, peserta pelatihan diharapkan tidak hanya akan mampu beradaptasi dengan era digital, tapi juga semakin sadar akan pentingnya memiliki sertifikasi halal bagi produk-produknya.

"Inisiatif pelatihan ini dinilai penting karena melibatkan tiga hal penting yang menjadi perhatian pemerintah, yaitu perluasan teknologi digital, pengembangan produk halal, dan pemberdayaan UMKM," tutur Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin dalam keterangannya, seperti dikutip Kamis (22/10/2020).

Senada dengan Ma'ruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM di masa pandemi adalah dengan melakukan digitalisasi.

"Namun, peralihan pemanfaatan teknologi digital tidak dapat dilakukan begitu saja. Karena, ternyata masih banyak UMKM yang belum mampu melakukan transaksi daring secara optimal karena terkendala masalah kualitas produk, kapasitas produksi, serta rendahnya literasi digital," tutur Airlangga.

Tak hanya UMKM konvensional, pemerintah juga ingin mendorong penciptaan UMKM berbasis syariah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di dalam negeri.

Di sisi lain, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan Tokopedia Salam yang diluncurkan pada 2019 silam merupakan bentuk usaha Tokopedia untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Platform tersebut merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan hingga pembayaran bagi masyarakat menginginkan produk dan layanan yang baik.

"Saat ini, terdapat puluhan juta produk halal yang terkurasi secara khusus, mulai dari produk makanan, minuman, fesyen, perlengkapan ibadah, dan kecantikan di dalam Tokopedia Salam. Adanya filter halal yang terintegrasi di Tokopedia pun turut memudahkan masyarakat dalam menyaring produk halal dari hasil pencarian yang didapatkan," ujar Leontinus.

Sebagai informasi acara yang akan dilaksanakan hingga Desember 2020 tersebut sangat menarik minat pelaku UMKM. Data Per tanggal 19 Oktober 2020, sudah terdapat lebih dari 9.000 UMKM yang mendaftar di acara pelatihan tersebut, padahal target awal yang ditetapkan hanya sekitar 1.000 UMKM.



Simak Video "BLACKPINK Dikonfirmasi Tampil di Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)