Joox: Peminat Dangdut Naik 300%, Kpop dan Indie Menyusul!

Joox: Peminat Dangdut Naik 300%, Kpop dan Indie Menyusul!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 20 Okt 2020 19:30 WIB
Via Vallen saat tampil di kawasan Daan Mogot.
Via Vallen penyanyi dangdut yang sedang tenar (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Memang dangdut is the music of my country! Joox sebagai platform streaming musik melihat adanya kenaikan minat pada musik lokal seperti dangdut dan Indie.

Peter May Head of Joox Indonesia mengatakan dalam konferensi pers 'Parade Joox Lima' menemukan adanya peningkatan dari tiga genre musik di antaranya dangdut, Kpop, dan indie.

"Dangdut naiknya 300%, indie juga meningkat, saya tidak bisa pastikan berapa kenaikannya tetapi naik. Kpop naik. Di Joox, kami fokus melayani orang dengan kebutuhan berbeda," ucapnya, Selasa (20/10/2020).

Berdasarkan data Joox tentang pertumbuhan genre musik, ditemukan data menarik di antaranya:

  • Konsumsi lagu dangdut meningkat 3x lipat dibandingkan tahun 2019
  • Total jumlah waktu pengguna mendengarkan lagu K-pop meningkat 3x lipat dibandingkan 2019
  • Lagu indie juga semakin diminati pengguna karena sejak 2019 adanya peningkatan significant dari jumlah stream Fiersa Besari, Nadin Amizah, dan Hindia

Wendi Putranto Pemerhati Musik pun menuturkan dalam kesempatan yang sama bahwa ia melihat adanya peningkatan musik untuk dangdut, Kpop, dan indie. Ia menyadari hal ini mengingat banyaknya penyanyi dangdut baru yang makin tenar seperti misalnya Via Vallen.

"Saya rasa tiga itu; dangdut, Kpop, dan indie akan menjadi tren mendatang. Dangdut pun sudah banyak regenerasi penyanyinya," tuturnya.

Joox mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Kini, Joox sudah memasuki tahun ke-5 dan berusaha untuk menumbuhkan industri kreatif Indonesia. Di tahun mendatang, Joox mengharapkan adanya fitur terbaru setelah sebelumnya menginisiasi fitur karaoke dan juga live streaming.



Simak Video "Ibra Pemain Kendang yang Masih Duduk di Bangku TK"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)