7 Tips Aman dan Nyaman Pakai Ponsel Saat Ramai Demo

7 Tips Aman dan Nyaman Pakai Ponsel Saat Ramai Demo

Tim - detikInet
Selasa, 20 Okt 2020 12:18 WIB
ilustrasi smartphone
Memakai ponsel. Foto: Unsplash
Jakarta -

Hari ini kembali akan berlangsung aksi demo di Jakarta memprotes Omnibus Law yang digelar oleh para mahasiswa. Tentunya keberadaan ponsel menjadi hal penting bagi masyarakat umum yang berada di lokasi demo dan Jakarta pada umumnya untuk mengakses informasi dan telekomunikasi.

Dengan demikian, memastikan ponsel selalu dalam keadaan aman dan mengantisipasi kejadian tak diinginkan merupakan hal penting. Berikut beberapa tips mengamankan ponsel saat unjuk rasa, dikutip detikINET dari berbagai sumber, Selasa (20/10/2020)

1. Kuncilah ponsel Anda. Semua smartphone saat ini punya metode penguncian yang cukup aman. Bisa menggunakan password, pola, sidik jari ataupun pemindai wajah. Hal ini penting lantaran ada potensi ponsel hilang saat aksi unjuk rasa. Terutama saat situasi memanas, pastikan ponsel tetap terkunci. Kalau ingin akses kamera, saat ini bisa dilakukan meski ponsel dalam keadaan terkunci, biasanya dengan cara swipe layar.

2. Hapal akun Google dan password sebagai antisipasi jika ponsel hilang. Baik smartphone Android atau iOS memiliki fitur untuk tahu posisi smartphone sebagai default, juga untuk menghapus datanya. Yang penting kita hapal akun Google dan password-nya, demikian juga di iOS dengan Apple ID. Cara termudah untuk test di Android, dengan membuka Chrome, dan mengetik: find my phone. Maka tab pertama akan memperlihatkan posisi smartphone Android kita dengan memasukkan akun Google. Untuk iPhone tinggal masuk ke icloud.com dan masukkan Apple ID.

3. Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh karena bisa jadi aksi demo berlangsung lama sehingga sulit untuk mengisi baterai. Tak ada salahnya untuk membawa powerbank sehingga daya ponsel tetap terjaga.

4. Install semua aplikasi penting yang sekiranya akan diperlukan. Aplikasi standar seperti messaging, transportasi online, media terpercaya, peta online dan media sosial akan membantu pengguna mendapatkan informasi dan bantuan. Bisa pula instal aplikasi CCTV untuk memantau situasi terkini di lokasi demo.

5. Pastikan paket data dan pulsa memadai. Pada saat ini, ponsel harus selalu terkoneksi internet untuk memaksimalkan semua fungsinya dan memastikan akses informasi dan telekomunikasi berjalan lancar. Selain paket data, pastikan ada cadangan pulsa yang dapat dipakai untuk menelepon atau SMS.

6. Pakailah casing dan screen protector yang kuat. Aksi demo selalu berjalan dinamis. Menambahkan pelindung tambahan bagi bodi ponsel sangat penting sehingga seandainya terjatuh atau terbanting, tidak mengalami kerusakan.

7. Jangan sembarangan memposting di media sosial dan menyaring informasi. Ada kalanya pada saat demo, berlalu lalang informasi yang masih meragukan kebenarannya. Maka pastikan selalu menyaring informasi yang beredar di media sosial ataupun aplikasi pesan dan tidak sembarangan dalam memposting konten di ponsel.



Simak Video "Melihat Sisa-sisa Kericuhan Demo Omnibus Law di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)