Tanaman Jadi Tren Pencarian Pesta Belanja Online

Tanaman Jadi Tren Pencarian Pesta Belanja Online

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 20:50 WIB
Stylish wooden shelves with green plants and black watering can. Modern room decor. Cactus, dieffenbachia, asparagus, epipremnum, calathea,dracaena,ivy, palm,sansevieria in pots on shelf
Tanaman Jadi Tren Pencarian Pesta Belanja Online. Foto: iStock
Jakarta -

Periode sale e-commerce akhir tahun sudah dimulai sejak pekan lalu. Musim pesta belanja online ini biasanya digelar di tanggal unik setiap bulannya mulai dari 10.10, 11.11, dan 12.12.

Periode sale ini bisa dijadikan acuan bagi pebisnis untuk mengetahui tren produk apa yang sedang menjadi incaran para online shopper. iPrice melakukan analisis menggunakan data dari Google Analytics untuk mengetahui 5 barang yang memiliki impression atau search interest tertinggi selama periode 5-10 Oktober 2020 kemarin.

Dari analisis ini, diketahui bahwa gadget dan rak tanaman adalah dua produk yang paling banyak dicari selama periode sale tersebut. Rangkuman lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

iPrice

Smartphone Masih Jadi Primadona

Kenaikan tren membeli smartphone memang identik terjadi saat periode sale. Tidak heran, banyak periode flash sale di e-commerce yang menawarkan harga smartphone dengan diskon hingga 90%.

Di periode ini, iPrice menemukan bahwa merk smartphone Oppo dan Vivo berada di urutan atas sebagai smartphone yang mengalami peningkatan search interest paling tinggi selama periode sale 10.10.

Impression yang dimiliki untuk keyword ini mencapai angka 360 ribuan selama periode 5-10 oktober kemarin. Kondisi ini bisa dikaitkan dengan kebiasaan selama periode new normal, belajar dan bekerja dari rumah mempengaruhi tren membeli gadget di Indonesia.

Tren Baru Bercocok Tanam

Karena situasi pandemi memaksa orang berkegiatan dari rumah, banyak yang mengisi waktu luangnya dengan melakukan hobi baru, salah satunya berkebun. Wajar juga jika timbul keinginan untuk menghias rumah menjadi lebih nyaman dan apik.

iPrice menemukan tingginya pencarian keywords 'rak tanaman' pada periode pesta belanja online 10.10 kemarin mencapai angka hampir 250 ribuan.

Jika diperhatikan di media sosial, tanaman indoor maupun outdoor pun mulai menjadi hobi baru. Kegiatan berkebun juga disukai di tengah pandemi karena dikategorikan sebagai therapeutic hobby atau hobi yang menenangkan jika ditekuni.

Merawat Diri dengan Skincare Lokal

Rangkaian produk perawatan kulit atau skincare lokal semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Salah satunya adalah MS Glow. Pada periode sale 10.10 kemarin, keyword "Ms Glow" memiliki search interest yang hampir mencapai 120 ribuan.

Keyword ini menduduki posisi ketiga sebagai keyword dengan search interest tertinggi selama periode 5-10 oktober kemarin menurut data Google Analytics.

MS Glow ternyata sudah booming sejak 2018 karena diklaim efektif mengatasi masalah kulit. Bersertifikat halal dan sudah memiliki izin BPOM juga menjadi strategi pemasaran yang kuat dari produk ini, mengingat konsumen Indonesia cenderung memilih produk berlabel Halal.

Sepeda dan Vape Juga Trending

Juli lalu, iPrice juga sempat membuat riset mengenai tren keyword jenis sepeda di Indonesia. Nah kali ini, sepeda Kembali menjadi keyword yang paling banyak dicari pada periode 10.10 kemarin.

Keyword "sepeda" memiliki peningkatan search interest hingga 63 ribuan pada periode 5-10 Oktober kemarin. Kegiatan outdoor sepeda sepertinya masih menjadi tren hingga bulan Oktober ini.



Selain itu, rokok elektrik atau Vape juga masuk sebagai produk dengan search interest yang tinggi selama periode sale 10.10. Untuk pencarian keyword "Vape", search interest-nya mencapai 56 ribuan selama 5 hari walaupun tidak sebanyak produk lainnya. Vape mulai banyak dicari di Google sebagai produk yang mulai dibeli secara online.

Untuk diketahui, temuan dari studi ini disorot berdasarkan produk atau kategori dengan impression terbanyak di seluruh database iPrice melalui Google Analytics dari 5 Oktober-10 Oktober 2020.

Impression dihitung setiap kali produk atau kategori yang disebutkan ditampilkan di halaman hasil pencarian atau situs lain di jaringan Google.


*Artikel ini berdasarkan riset iPrice: Tren di Indonesia, Perlengkapan Indoor Plant mulai marak dibeli saat 10.10



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)