Google Street View Selamatkan Anak Sragen yang Hilang 11 Tahun

Google Street View Selamatkan Anak Sragen yang Hilang 11 Tahun

Andika Tarmy - detikInet
Kamis, 08 Okt 2020 10:47 WIB
Ervan Wahyu Anjarworo (tengah) bertemu dengan keluarganya di Sragen, Selasa (6/10/2020).
Anak hilang selamat berkat Google Street View (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Ervan Wahyu Anjasworo hilang saat umur 5 tahun dan jadi anak jalanan. Dia menemukan kembali orang tuanya 11 tahun kemudian berkat Google Street View.

Ervan (16) remaja asal Sragen, Jawa Tengah, akhirnya bertemu dengan keluarganya usai dinyatakan hilang selama 11 tahun. Bertahun-tahun berusaha pulang namun gagal, kunci kepulangan Ervan justru saat dia menemukan aplikasi peta Google Street View.

"Kira-kira 2,5 tahun setelah pisah sama orangtua, sebenarnya sempat diantar ke Solo oleh para pengamen. Saat itu saya hanya ingatnya Solo gitu aja," ujar Ervan saat ditemui detikcom di rumah kakeknya di Dusun Panurejo, Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, Selasa (6/10/2020) kemarin.

Karena saat itu usianya masih kisaran 8 tahun, lanjut Ervan, tidak banyak petunjuk yang bisa dia gunakan untuk pulang. Sempat berputar-putar di wilayah Solo beberapa bulan, Ervan pun akhirnya diajak kembali ke Jakarta oleh para pengamen.

"Satu atau dua bulan saya ngamen dan minta-minta di Solo, akhirnya balik lagi ke Jakarta karena saya benar-benar sudah tidak ingat rumah saya," paparnya.

Bertahun-tahun berselang, garis nasib Ervan mulai berubah. Melalui beberapa orang baik yang sempat mengasuhnya, Ervan pun mulai mengecap pendidikan.

"Setelah lulus SMP sempat beberapa kali pindah Bogor dan Bandung untuk mendapatkan pelatihan kerja dari Dinas Sosial. Terakhir saya dipindah ke PSR (panti sosial rehabilitasi) di Cileungsi, Bogor," terangnya.

Hingga September lalu, Ervan yang kini sudah memiliki wawasan lebih baik, mulai timbul kembali keinginan untuk mencari kampung halamannya. Ervan pun menggunakan fasilitas komputer di panti untuk mencari petunjuk.



Simak Video "Minibus Tabrak Gapura Desa di Karanganyar, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
Debat Capres AS