UMKM Terdampak COVID-19, Biznet Bantu Pelatihan Go Digital

UMKM Terdampak COVID-19, Biznet Bantu Pelatihan Go Digital

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 05 Okt 2020 17:35 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Ilustrasi UMKM masuk ekonomi digital. Foto: iStock
Jakarta -

Banyak UMKM yang terdampak COVID-19, Biznet pun turun tangan membagikan informasi dan pelatihan untuk membantu UMKM go digital. Hal ini diungkap dalam acara konferensi pers, Senin (5/10/2020).

Vice President Marketing Biznet Yudi Haryanto sadar akan besarnya dampak pembatasan sosial yang diterapkan. Mau tidak mau, UMKM pun harus beradaptasi dengan dunia digital mengingat sekarang semua dilakukan secara online.

"Kita bekerjasama dengan satu unit, Giocoud, pelatihan dengan UMKM untuk memanfaatkan infrastruktur digital guna berinovasi terhadap produk. Dengan memanfaatkan platform digital, mereka bisa jauh lebih efisien dan efektif," kata Yudi.

Pelatihan ini berisikan knowledge atau pengetahuan dasar digital sehingga UMKM terbiasa. Diketahui, pembagian persentase pengguna Biznet untuk B to B dan B to C ialah 40:60. UMKM berada di bagian 40% tersebut dengan perkiraan mengisi persentase sebanyak 15%.

Tak hanya pelatihan digital, Biznet juga memberikan bantuan para UMKM yang menggunakan Biznet dengan promo-promo yang ada. Tujuannya untuk meringankan biaya atau cost yang dikeluarkan oleh UMKM selama pandemi.

"UMKM juga terkena impact yang dahsyat dari PSBB, ada yang sudah kami siapkan seperti promo-promo tetapi bentukannya tidak dikurangi harga produk tapi bisa bayar 10 bulan untuk gratis sekian bulan," pungkasnya.

Diketahui saat ini hanya ada sekitar 13% UMKM yang masuk ke platform digital, angkanya naik dari tahun sebelumnya menjadi 9 ribu UMKM yang tergabung dalam ekonomi digital. Target Kementerian Koperasi dan UKM, di akhir tahun angka ini menyentuh 10 ribu UMKM.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan saat ini telah ada 9,4 juta UMKM yang go digital. Jumlah tersebut berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Itu berarti, UMKM yang masuk ke digital bertambah sebanyak 1,4 juta dari tahun 2019 yang masih di angka 8 juta UMKM.



Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)