Grab Ventures Velocity Luluskan 5 Startup Bimbingan

Grab Ventures Velocity Luluskan 5 Startup Bimbingan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 01 Okt 2020 16:58 WIB
Pendaftaran program Grab Ventures Velocity angkatan kedua sudah dibuka. Pendaftaran program ini akan dibuka hingga 15 Mei 2019 mendatang.
Grab Ventures Velocity Luluskan 5 Startup Bimbingan Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Grab baru saja meluluskan lima startup lokal yang mengikuti program Grab Ventures Velocity batch 3. Kelima startup lokal ini terpilih untuk mengikuti sejumlah program pelatihan selama 16 minggu yang semuanya dilakukan secara virtual.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan untuk angkatan GVV kali ini Grab fokus mencari startup yang bisa membantu digitalisasi dan memberdayakan UMKM, terutama di sektor kuliner.

"Kita juga menyadari bahwa pandemi COVID-19 turut membawa dampak bagi berbagai bisnis, baik itu startup maupun UMKM. Oleh karena itu tahun ini kami juga semakin memperkuat kontribusi bagi UMKM, terutama di bidang kuliner," kata Neneng dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020).

Kelima startup tersebut telah diumumkan Grab sejak bulan Mei lalu dan semuanya memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Ada LunaPOS yang menawarkan solusi kasir, Printerous yang menawarkan solusi kemasan dan percetakan, KliknClean yang menawarkan pembersihan dan disinfeksi total, GetCraft yang memberikan bantuan pemasaran dan promosi bisnis, serta Workmate yang memberi solusi pengelolaan SDM dan manajemen tenaga kerja.

Neneng mengatakan kelima startup terpilih ini mendapatkan tiga bentuk pelatihan utama. Pertama, workshop yang diberikan oleh ahli baik dari Grab maupun dari luar yang mengajarkan cara pendanaan, manajemen keuangan dan manajemen SDM.

Kedua, startup mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan eksekutif Grab. Mereka bahkan bisa ngobrol dan belajar langsung dengan co-founder dan CEO Grab Anthony Tan.

Terakhir, di delapan minggu terakhir pelatihan, startup terpilih bisa langsung menguji coba layanan yang mereka tawarkan dan terhubung dengan mitra merchant lewat aplikasi GrabMerchant. Di situ mereka bisa melihat langsung apa saja yang bisa diperbaiki dan mendengarkan kebutuhan mitra merchant.

Neneng mengatakan setelah mengikuti program GVV batch 3, kelima startup ini tidak langsung dilepas begitu saja oleh Grab. Mereka ikut bergabung dalam Solusi Mitra GrabMerchant, layanan marketplace berisi solusi bisnis yang bisa digunakan oleh mitra GrabMerchant.

"Teman-teman dari GVV batch 3 bukan hanya lulus terus good bye tapi mereka bisa terus join di Solusi Mitra GrabMerchant," kata Neneng.

"Ini inovasi baru yang kita lakukan. Jadi kita membuat marketplace untuk membantu para startup sperti LunaPOS, Printerous, Kliknclean untuk membantu pelayanan merchant Grab," pungkasnya.



Simak Video "Pastikan Hal Ini Sebelum Kembali Mengendarai Grab Wheels"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)