Asal Usul Nama Google, Ternyata karena Typo

Asal Usul Nama Google, Ternyata karena Typo

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 21:45 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Sejarah nama Google berasal dari salah ketik. Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Fakta terkait Google selalu menjadi hal yang menarik. Salah satunya adalah asal nama Google yang ternyata didasari dari typo alias salah ketik. Waduh, bagaimana ceritanya?

Google adalah sebuah perusahaan yang dimulai dari mesin pencarian dan kini berkembang dengan lebih dari 50 layanan internet dan produk seperti Gmail sampai software untuk smartphone dan tablet. Didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, awalnya mereka memilih 'BackRub' sebagai nama search engine mereka.

Mengutip situs resmi Stanford, Senin (28/9/2020) kantor Larry berada di kamar 360 di Gates CS Building, yang dia tinggali bersama beberapa mahasiswa pascasarjana lainnya, termasuk Sean Anderson, Tamara Munzner, dan Lucas Pereira.

Pada tahun 1997, Larry dan rekan kerjanya membahas sejumlah kemungkinan nama baru untuk teknologi pencarian yang berkembang pesat tersebut. Sean dan Larry ada di kantor mereka, menggunakan papan tulis, mencoba memikirkan nama terbaik untuk search engine tersebut. Saat itu Sean menyarankan kata 'googolplex', dan Larry menanggapi secara lisan bahwa akan lebih baik jika bentuknya dipersingkat menjadi 'googol'.

Sean pun melakukan pencarian database registri nama domain Internet untuk melihat apakah nama yang baru disarankan masih tersedia untuk pendaftaran dan penggunaan. Saat itu, Sean ternyata salah ketika alias typo sehingga dia membuat kesalahan nama yang dieja menjadi 'google.com'.

Namun Larry menyukai nama itu, dan dalam beberapa jam dia mengambil langkah untuk mendaftarkan nama 'google.com'. Catatan pendaftaran nama domain 'google.com' tertanggal 15 September 1997. Kalau detikers, kamu lebih suka dengan nama Google atau Googol? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)